oleh

Rakerda 2024,Jeand’arc Karundeng Paparkan Program Dekranasda Tomohon

Tomohon-Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon drg. Jeand’Arc Senduk-Karundeng mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2024 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di The Sentra Hotel Minut, Selasa (07/05/2024).

Rakerda dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw, dan dihadiri oleh Ketua Umum Dekranasda Provinsi Sulut Ibu. Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua Umum, dr. Kartika Devi Tanos, Kadis Perindag Prov. Sulut selaku Ketua Harian Dekranasda Bpk. Drs. Daniel Mewengkang, M.Si, Ketua Umum Dekranasda Kabupaten dan Kota se-Sulut bersama pengurus masing-masing, serta Narasumber Pengurus Dekranas Pusat Ibu. Ni Nyoman Ambareny yang membidangi daya saing dekranas pusat dari Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian RI.

Dalam sambutan pembukaan Rakerda, Wagub Kandouw memberi apresiasi terhadap peran dekranasda dalam membantu pemerintah mewujudkan pembangunan industri yang berdampak langsung ke masyarakat terutama sektor UMKM di dalamnya industri kerajinan.

Dirinya juga memberi tantangan kepada Dekranasda se-Sulut untuk bagaimana agar produk kerajinan binaan dekranasda dapat menembus pasar internasional seiring dengan terbukanya akses langsung ke luar negeri untuk pasar ekspor, baik melalui jalur laut maupun jalur udara/penerbangan.

Sementara itu Ketua Umum Dekranasda Sulut Ibu. Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan menyampaikan bahwa Rakerda ini sangat penting dalam sinkronisasi program dan kegiatan dekranas baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, baik yg sudah dilaksanakan tahun 2023, yang sementara dilaksanakan tahun 2024 ini, maupun yang direncanakan akan dilaksanakan di tahun 2025.

Dirnya juga mengevaluasi kendala-kendala yang dihadapi oleh dekranasda kabupaten dan kota atas pelaksanaan program dan kegiatan di daerah.

Adapun dalam laporan pemaparan program dan kegiatan di sesi 1 yang dibawakan langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten dan Kota, Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon Ibu. drg. Jeand’Arc Senduk Karundeng memaparkan kegiatan-kegiatan antara lain konsolidasi program dan kegiatan Dekranasda Kota Tomohon melalui rapat kerja dan konsultasi, pelatihan membatik dan pemberian bantuan peralatan, sosialisasi pengemasan produk dan bantuan kemasan, promosi dan pemasaran produk kerajinan binaan dekranasda baik tingkat lokal, nasional maupun pameran internasional.

“Semua kegiatan itu merupakan inisiasi murni dari Dekranasda Kota Tomohon, dilaksanakan dalam kerjasama dengan pemerintah dan juga stakeholder yang ada.” Ujar drg. Jeand’Arc Senduk Karundeng.

Dalam Rakerda tersebut juga, Dekranasda Kota Tomohon menampilkan berbagai produk kerajinan hasil binaan dekranasda dalam bentuk pameran mini.

Turut mendampingi Ketua Umum Dekranasda Kota Tomohon yaitu Bendahara Dekranasda Ibu. Maria Pijoh, Bidang Promosi Ibu. Lucy Goni, Kadis Perdagin selaku Ketua Harian Bpk. Ruddie Lengkong, SSTP, MAP, Kabid Industri Ibu. Fike Taroreh, SE, M.Si serta beberapa pengurus dan staf sekretariat dekranasda Kota Tomohon. (*/Bert)