oleh

Jadi Pelajar Terbanyak di Indonesia, Bitung Tuan Rumah Lomba Matematika dan Science se-Asia

Bitung, Redaksisulut – Keberhasilan Pemkot Bitung di kepemimpinan Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM dan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, SE terus ditunjukan.

Kali ini, dengan menjadikan anak didik tingkat SD dan SMP menguasai matematika ilmu Hitung lewat program Gasing atau Gampang, Asik dan menyenangkan (Gasing) yang kini sementara dilakukan di tingkat SMA menjadi barometer sehingga Kota Cakalang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Lomba Matematika dan Science tingkat Asia Pasifik.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bitung usai melakukan pertemuan dengan Profesor Yohanis Surya ilmuwan yang menciptakan Matematika dengan cara Gasing.

“Kali ini, Kota Bitung menjadi Tuan Rumah Lomba Matematika dan Science, karena menurut panitia Bitung adalah satu-satunya Kota di Indonesia dengan pelajar terbanyak yang paham dengan ilmu hitung”. Kata Maurits. Senin, (2310/2023).

Dirinya juga menyampaikan bahwa menurut pelaksana, ada beberapa pengajar Matematika cara Gasing dari Bitung yang menjadi mentor di beberapa Daerah di Indonesia.

“Ini juga yang menjadi penilaian Panitia dan Prof Surya sampai Kota Bitung dipilih menjadi tempat pelaksanaan iven tingkat Asia ini”. Katanya seraya menyampaikan bahwa selain lomba Matematika dan Science tingkat Asia Pasific bersamaan, juga akan dilaksanakan Lomba Matematika Gasing tingkat Nasional.

Sementara itu, untuk waktu penyelenggaraannya sendiri menurut Wali Kota akan dilaksanakan selama 3 hari sejak 15 November Hingga 18 November dan untuk tempat masih akan dilihat pihak penyelengara dengan melakukan verifikasi gedung.

“Untuk tempat pelaksanaan tidak masalah bagi kami karena ada banyak gedung besar milik Pemerintah yang siap digunakan dan untuk peserta diperkirakan akan mencapai 500 an orang dengan official serta nantinya juga akan ada tamu dari luar Negeri”. Tambah Om Kumis sapaan akrab Maurits. (Wesly)