oleh

Jadi Narsum, FTM Paparkan Peran Pemuda Menuju Era 5.0.

-BMR, Bolmong-641 Dilihat

Bolmong– Ketua KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit,MS,MBA (FTM) menjadi narasumber dalam kegiatan yang dilaksanakan KNPI Bolaang Timur, di Balai Desa Lolan, Selasa (15/8/2023) siang.

Dalam seminar pendidikan yang dihadiri masyarakat, aparat desa, tokoh pemuda dan guru-guru, FTM memberikan materi tentang tema dialog pendidikan dan pemuda menuju era 5.0.

Pada kesempatan itu, Mitha,sapaan nama akrabnya,-menjelaskan jumlah penduduk di Indonesia sesuai data BPS tahun 2023 bulan Maret terakhir, sebanyak 278 juta jiwa hampir 280 juta. Sementara untuk populasi pemuda di Indonesia ada sekitar 68 juta, nah sesuai undang-undang kategori pemuda itu disekitaran 15-30 tahun. Menurut Mitha, definisi pemuda itu mereka yang mempunyai semangat, tujuan visioner, dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan didaerah.

“Nah dari 68 juta pemuda di Indonesia ada sekitar 3 juta pemuda itu setiap tahun lulus tingkat SMA, 1,3 juta masuk pendidikan formal, dan sisanya 1,7 juta lagi mencari lapangan kerja,” ungkap Mitha.

Mitha pun membandingkan negara maju seperti Singapura dan Indonesia yang baru sebatas berkembang. Kenapa demikian, Singapura meski tidak ada sumber daya alamnya (SDA) tapi sumber daya manusianya mereka cukup tinggi. Bisa dibayangkan Singapura yang tidak punya SDA tapi bisa maju.

“Hari ini kita sudah pada era 4.0 dimana kita telah dikendalikan oleh sebuah yang namanya teknologi, dimana tingkah laku dan cara berfikir saat ini sudah dikendalikan oleh teknologi. Tapi kadangkalah kita salah menggunakan teknologi sehingga terjadi dekradasi atau kemunduran bagi pemuda sebab salah menggunakan teknologi,” terang Mitha.

Kemudian, era 5.0 yang akan datang justru digabungkan atau dikolaborasikan menjadi suatu kekuatan untuk kemajuan globalisasi. “Jadi nanti jika sudah masuk pada era 5.0 penggunaan teknologi itu boleh dimaksimalkan oleh pengetahuan manusia tapi kita harus tahu menggunakan komputer,” tandas Mitha.

Diketahui kegiatan tersebut di Buka Staf Ahli Bupati Ahmad Yani Damopolii dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta, Camat Bolaang Timur Ahmad Yani Mamonto, Sekretaris Dinas Pariwisata Supriyadi Dilapanga, para Sangadi, Guru TK, SD dan SMP sekecamatan Boltim. Selain itu, para pengurus kabupaten KNPI dan PK Boltim. (*)