oleh

Jackson Ruaw : Setiap Perjalanan Dinas Semua Ada Dasarnya

Bitung, Redaksisulut – Beredar isu yang dimana dalam pemberitaan, Plt. Sekwan Bitung Jackson Ruaw sering keluar Daerah dengan kesan One Man Show tanpa memberikan kesempatan bagi staf yang lain.

Seperti dikutip dari Media ATimes yang dimana salah satu aktivis Kota Bitung Darma Baginda menyampaikan bahwa dirinya mengaku ada informasi Plt. Sekwan setiap minggu keluar Daerah.

“Seharusnya sekwan beri kesempatan pada staf yang lain. Kan banyak staf coba bergantian anggarannya dari APBD yang notabene adalah uang rakyat”. Kata Baginda.

Menanggapi hal ini, Ruaw menyampaikan bahwa setiap perjalanan dinas di setwan atas dasar penugasan pimpinan, permintaan/kebutuhan anggota serta undangan diklat (rakernas, worshop, bimtek)”. Kata mantan Kabag Protokol Sulut ini.

Tak hanya itu dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini, ada agenda dan isu penting dan aktual di DPRD Kota Bitung yang harus dikoordinasikan dan dikonsultasikan, termasuk dilakukan studi banding, dalam rangka efektivitas pelayanan dan juga dalam menyelesaikan masalah internal DPRD.

Misalnya terkait kebutuhan tim/tenaga ahli, PAW, tindak lanjut Perpres 53 Tahun 2023 terkait perubahan kebijakan perjalanan Dinas pimpinan dan anggota DPRD, pokir dan sebagainya.

“Kadangkala pimpinan komisi menginginkan Sekwan hadir dalam perjalanan Dinas untuk mendengar secara langsung kebijakan dan pelayanan DPRD di Kabupaten/Kota lain, sebagai studi inovasi untuk diterapkan di DPRD Kota Bitung”. Kata Ruaw.

Dalam kesempatan Ruaw juga menjelaskan bahwa disamping itu, Sekwan itu bukan hanya melayani Pimpinan dan Anggota, tapi juga Pimpinan Pemerintah Kota Bitung, sehingga dalam hal-hal tertentu mendapatkan penugasan Bapak Walikota, seperti menghadiri Discover North Sulawesi dan agenda lainnya.

“Jika akan ada perjalanan dinas, semua dilaporkan atas seizin dan petunjuk pimpinan Kota Bitung dan juga perjalanan dinas di DPRD itu juga dilakukan pejabat dan staf PNS serta THL. Walaupun saat ini, karena keterbatasan anggaran THL belum bisa melakukan perjalanan dinas”. Jelas Ruaw yang juga merupakan mantan Kabag Umum DPRD Provinsi Sulut. (Wesly)