oleh

HUT Ke-20 Brigade Manguni, Tonaas Wolayan : Paradigma Baru BM Kedepankan Sosial Kemasyarakatan

Minahasa – Brigade Manguni (BM) adalah organisasi masyarakat adat yang terbuka bagi siapa saja, sepanjang berideologi Pancasila dan punya spirit NKRI. Paradigma baru Brigade Manguni (BM) kini dengan pola tindak, kreatif dan mengedepankan sosial kemasyarakatan yang bermanfaat di tengah masyarakat dengan berbagai Kegiatan.

Hal itu di katakan Ketua Brigade Manguni Minahasa, Tonaas Franky Wolayan, SE, saat ditemui beberapa awak media usai pelaksanaan HUT ke-20 Brigade Manguni, yang dilaksanakan di Markas Besar BM, bertempat di Kelurahan Tounkuramber Kecamatan Tondano Barat Kabupaten Minahasa, Rabu (9/3/2022) lalu.

Terpilihnya Lendy Wangke sebagai Tonaas Wangko, menjadi awal dari BM Paradigma baru, yang berpola pikir dan Pola bertindak bermanfaat bagi masyarakat banyak.

“Untuk Minahasa sendiri kata Wolayan, program kegiatan BM sudah kami jalankan oleh jajaran Walak, Wanua dan jajaran anggota sampai tingkat kecamatan, desa dan kelurahan.” Ucapnya.

Lanjut Wolayan menyampaikan kepada jajaran, Walak dan Wanua, serta anggotanya agar mengimplementasikan giat sosial kemasyarakatan yang kita pahami. Seperti misalnya, menyediakan ambulans untuk membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah atau duka.

“Contoh lainnya adalah, pengawalan dari anggota BM saat pelaksanaan ibadah Natal tanpa melihat demonisasi gereja,”Ujar anggota DPRD Kabupaten Minahasa dari fraksi PDI Perjuangan ini.

Diketahui pada perayaan HUT ke-20 Brigade Manguni, dilaksanakan Rapat Kerja Tahun 2022 dan Ibadah Syukur HUT ke 20 yang dipimpin oleh Pendeta Noldy Sompotan, dan dihadiri oleh Tonaas Wangko Lendy Wangke didampingi Pengurus DPP dan para Ketua DPD se Sulut. (Ronny)