oleh

Hengky Honandar Hadiri Paripurna DPRD Bitung Bahas Ranperda Pajak Dan Retribusi Daerah

Bitung, Redaksisulut – Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar. SE, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Bitung dalam rangka Pembicaraan Tingkat Satu Pembahasan Ranperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di ruang sidang Paripurna DPRD Kota Bitung. Selasa. (8/5/2023)

Dalam kesempatan, Hengky memaparkan penjelasan tentang penyampaian pembentukan Ranperda tersebut, untuk mengalokasi sumber daya nasional secara lebih efisien, dan Pemerintah memberikan kewenangan kepada daerah untuk memungut pajak dan retribusi dengan penguatan melalui restrukturisasi jenis pajak, pemberian sumber-sumber perpajakan daerah yang baru, penyederhanaan jenis retribusi dan harmonisasi dengan undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, restrukturisasi pajak dilakukan melalui reklasifikasi 5 jenis pajak yang berbasis konsumsi menjadi satu jenis pajak yaitu pajak barang dan jasa tertentu.

“Sasaran yang akan diwujudkan dari penyusunan Perda Kota Bitung ini, tentang pajak daerah dan retribusi daerah yaitu meningkatkan pendapatan asli daerah dalam rangka untuk membiayai kebutuhan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah”. Katanya.

Hengky juga memberikan tanggapan serta jawaban terhadap pemandangan umum fraksi yang menerima dan menyetujui ranperda pajak daerah dan retribusi Daerah.

“Saya sangat mengapresiasi pimpinan dan anggota DPRD Kota Bitung yang telah menerima Ranperda untuk dibahas selanjutnya sesuai mekanisme tata tertib dan walaupun sangat didasari masih ada hal-hal yang sangat teknis untuk dibahas lebih dalam lagi bersama dengan panitia khusus atau bersama komisi”. Tambahnya.

Dalam rapat Paripurna ini, dipimpin Ketua DPRD Kota Bitung, Aldo Ratungalo. SE. (*/Wesly)