oleh

Hadiri Haul di Desa Tumbak, Ketua MUI Kabupaten Mitra Kenang Karomah ASYSYECH Abdushshamad Bachdlar

-Mitra-185 Dilihat

MITRA – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Minahasa Tenggara, Ust. Abdul Kohar Sampage menghadiri acara Haul Akbar ASYSYECH Abdushshamad Bachdlar yang ke-43 tahun di Desa Tumbak bersatu, Kecamatan Pusomaen. Kamis pagi, 6 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Ketum MUI Kabupaten, Abdul Kohar Sampage merasa sangat terhormat. Dia mengatakan bahwa, sosok ASYSYECH Abdushshamad Bachdlar merupakan orang yang sangat dekat dengan dirinya.

“Saya bisa menjadi seperti saat ini, berkat bimbingan dari tetek Abdushshamad Bachdlar, ” ujar Abdul Kohar atau akrab disapa Ust Zaka.

Ketua MUI Mitra menceritakan bahwa sosok Abdushshamad Bachdlar, bukan hanya sekedar tokoh pemuka agama biasa. Namun beliau dikenal sosok ulama hebat yang memiliki karomah.

“Saya banyak menerima nasehat dari almarhum Syekh Abdushshamad Bachdlar, dan semua nasehat-nasehatnya menjadi kenyataan, ” ungkap Abdul Kohar sambil meneteskan air mata.

Almarhum bahkan tidak pernah lelah mengingatkan tentang perkara-perkara iman dan shalat yang wajib dilaksanakan, terutama kepada kerabat-kerabat dekatnya.

“Bicara perkara shalat dan amal ibadah, almarhum selalu tegas tanpa kompromi. Itu juga sering saya alami sehingga kami terbiasa dan selalu mengingat kebesaran Allah SWT, ” tutur Abdul Kohar mengisahkan.

Semasa hidupnya, lanjut Abdul Kohar, Almarhum sering melihat peristiwa-peristiwa luar biasa yang dilakukan oleh almarhum.

“Almarhum orang yang sholeh, semua doanya makbul dan langsung di ijabah oleh Allah SWT. Perilakunya sangat terjaga dari maksiat, mulai dari cara tidurnya, cara makannya, cara berbicara semua mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Dan hal itu bukan perkara mudah, hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang tawadhu seperti almarhum, ” ucap Abdul Kohar mengenang Syekh Abdushshamad Bachdlar.

Untuk itu, dirinya sangat berterima kasih karena telah diundang di acara Haul Akbar Syekh Abdushshamad Bachdlar yang dirangkaikan dengan acara Haul Jama’ Pendiri Desa Tumbak.

“Terima kasih sudah diundang di acara haul akbar tahun ini, semoga acara ini bisa terus terjaga di tahun-tahun mendatang, ” harapnya.

Diketahui, Haul akbar ini turut dihadiri sejumlah tokoh-tokoh agama dan masyarakat diantaranya yakni Hukum Tua Desa Tumbak bersatu, Pimpinan Majelis Dzikir dan Sholawat RAUDHOTUL MUSTHOFA Ustadz Rafiq Sy Daeng, ulama-ulama dari desa tetangga, anggota Majelis Dzikir Banie Achdor dan Majelis Dzikir Watta’lim Al-Achdor dari berbagai daerah seperti Bitung, Manado, dan Bolmong Raya.

Penulis: Wandy.