Bupati Wongkar Apresiasi Dishub Minsel Miliki Aplikasi BLU-E

Minsel – Demi terciptanya perkembangan dan perubahan berarti yang menyentuh masyarakat di suatu daerah, dibutuhkan program, sinergitas, kerja nyata serta keseriusan pemerintah dalam mencapainya. Hal inilah yang sementara dinampakkan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, dibawah komando Bupati Franky Donny Wongkar, SH, dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang.

Kali ini, keseriusan dan bukti kerja Bupati Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang ditunjukkan dengan melakukan Acara Peletakan Batu Pertama (Groundbreaking) Rehabilitasi Pelabuhan Penyeberangan Amurang dan Launching Penerapan Aplikasi BLUe Dinas Perhubungan, Minahasa Selatan, di Pelabuhan Amurang, Kamis (10/06/2021).

“Kabupaten Minahasa Selatan memiliki potensi komoditas perkebunan, pertanian, hortikultura, pertambangan serta perikanan yang cukup menjanjikan. Oleh sebab itu diperlukan adanya fasilitas yang dapat mendorong dan juga berfungsi sebagai sarana percepatan pembangunan ekonomi masyarakat, seperti pelabuhan agar dapat memperlancar arus lalu lintas penumpang dan barang dari minahasa selatan ke daerah lain,” ucap Bupati Wongkar, saat membawakan sambutan dalam acara Peletakan Batu Pertama (Groundbreaking) Rehabilitasi Pelabuhan Penyeberangan Amurang.

Sesuai dengan peran dan fungsinya, lanjut Bupati Wongkar, pelabuhan Amurang adalah simpul dan bagian integral dari jaringan transportasi laut yang merupakan out-let (pintu gerbang) penghubung antar daerah yang juga berfungsi untuk melayani angkutan penumpang dan barang dari Minahasa Selatan ke daerah lain maupun sebaliknya. “Sebagaimana kita ketahui, saat ini baru ada satu kapal yakni KMP Porodisa yang secara rutin, 2 kali dalam seminggu melayani lintasan Amurang-Pananaru-Marore, ” lanjut Bupati yang visioner tersebut.

Sejalan dengan itu, lanjut dijelaskan Bupati Wongkar, saat ini dilaksanakan juga launching aplikasi BLUe atau Bukti Lulus Uji Elektronik yang terintegrasi dengan kementrian perhubungan untuk memastikan kendaraan-kendaraan di wilayah Minahasa Selatan layak jalan serta memberikan jaminan keselamatan berkendara.

“Melalui aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah para pengendara angkutan untuk memperoleh layanan pengujian kendaraan serta bukti lulus uji yang asli dan sah sehingga perjalanan ataupun kegiatan perekonomian yang dilakukan dapat lebih cepat, mudah dan efisien,” tutur Bupati yang juga dikenal dengan sebutan FDW ini.

Terkait aplikasi BLUe, Bupati Wongkar berharap, penerapan sistem informasi angkutan umum dapat mengoptimalkan kinerja Dinas Perhubungan dibawah pimpinan Kadis Verra Lasut AP, MSi, dalam mengelola dan mengatur sistem perhubungan di kabupaten minahasa selatan. “Sehingga dapat berjalan lebih tertib, jelas dan dapat dikembangkan secara berkelanjutan,” harapnya.

Sementara itu, terkait proyek Rehabilitas Pelabuhan Penyeberangan Amurang, Bupati Franky Wongkar mengingatkan instansi terkait dapat mengontrol pelaksanaan secara berkala agar dapat berjalan tepat waktu sesuai kontrak yang telah disepakati.

“Begitu juga dengan penerapan aplikasi blue dan sistem informasi angkutan umum di Kabupaten Minahasa Selatan, saya minta instansi terkait agar dapat mensosialisasikan pelaksanaanya kepada masyarakat agar dapat segera merasakan kemudahan yang ditawarkan,” tegas Bupati Wongkar.

Usai pelaksanaan Peletakan Batu Pertama di Pelabuhan Amurang, Bupati Wongkar dan Wabup Petra Rembang bersama seluruh rombongan langsung meninjau Penerapan Aplikasi Blue di Kantor Dinas Perhubung yang berlokasi di Desa Kapitu.

Turut hadir dalam Acara Peletakan Batu Pertama (Groundbreaking) Rehabilitasi Pelabuhan Penyeberangan Amurang Dan Launching Penerapan Aplikasi Blue tersebut yaitu; Kepala Dinas Perhubungan Daerah Provinsi Sulawesi Utara diwakili Stenly Patimbano selaku Kepala Bidang Perhubungan Laut Dan Llasdp Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara, Renhard Ronald, S.Si.T, Mt selaku Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (Bptd) Wilayah 22 Provinsi Sulawesi Utara, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Jenny Johanna Tumbuan, SE, Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon, SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Andi Sinaga, Kajari Minahasa Selatan I Wayan Eka Miartha, SH, MH, dan Ketua Pengadilan Negeri Amurang Royke Harold Inkiriwang, SH. (*/QQ)

Related posts