oleh

Gelar “Ngopi Bareng” Pangdam XIII/Merdeka Kolaborasi Media Guna Tingkatkan Stabilitas Keamanan dan Kemajuan di Sulut

Manado-Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko, SIP MM, menggelar acara “Ngopi Bareng” bersama insan pers di Gedung Serba Guna Kodam XIII/Merdeka, Manado. Rabu, (27/09/2023).

Acara yang mengusung tema “Suara Media Adalah Cahaya Bangsa untuk Indonesia Maju” ini dihadiri 32 wartawan perwakilan dari berbagai jenis media.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Legowo menyambut baik kehadiran para awak media, mengakui pentingnya kemitraan dengan mereka untuk menciptakan karya jurnalistik yang membangun.

“Selamat datang di Makodam XIII/Merdeka, terima kasih kepada mitra media yang telah memenuhi undangan kami dan datang tepat waktu” kata Mayjen TNI Legowo mengawali sambutannya.

Dia juga menegaskan perlunya sinergitas dan kolaborasi antara jajaran Kodam XIII/Merdeka dengan insan pers untuk meningkatkan stabilitas keamanan dan kemajuan di Sulawesi Utara.

“Saya yakin selama ini kemitraan insan pers dengan jajaran Kodam XIII/Merdeka telah terjalin dengan baik Saya berharap agar kolaborasi dan kemitraan perlu ditingkatkan lagi”, katanya.

“Dengan berbagai dinamika yang ada saat ini, maka diharapkan insan media untuk ikut berperan penting dalam menjaga kestabilan keamanan dan bersinergi membangun negeri terutama di Sulawesi Utara,” tambah Pangdam XIII/Merdeka itu sambil menambahkan dalam kondisi damai dan aman ini, insan pers diajak manfaatkan peralatan olahraga yang tersedia di Makodam.

Fernando Adam, mewakili para jurnalis, mengapresiasi kegiatan “Ngopi Bareng” ini dan berharap agar kerjasama ini berkelanjutan pasca pandemi Covid-19. Dia juga menyoroti kontribusi signifikan jajaran Kodam XIII/Merdeka dalam berbagai aspek pembangunan di wilayah-wilayah yang mereka jaga.

”Jalinan kerjasama akan berkelanjutan setelah kita didera covid 19, ” ujar Nando Adam, sapaan akrabnya.

Diakuinya, sejak keberadaannya sebagai institusi penjaga kedaulatan NKRI di wilayah Provinsi Sulut, Gorontalo dan Sulteng, dengan peralatan dan personil yang ada jajaran Kodam XIII/Merdeka selalu tampil cepat dan terdepan dalam kondisi yang dianggap membahayakan negara dan dalam berbagai kesulitan yang dialami masyarakat.

“Keberadaan jajaran Kodam XIII/Merdeka telah berkontribusi signifikan dalam berbagai aspek pembangunan fisik dan non fisik di tiga wilayah tersebut diatas.Dimana wilayah hukum Kodam XIII/Merdeka juga masuk kawasan rawan bencana alam dan ancaman kejahatan karena berada diperbatas dengan negara lain”, tandas Pemimpin Redaksi/Penanggung jawab media Online Barometersulut.com itu.

Acara “Ngopi Bareng” juga dilanjutkan dengan pemeriksaan perlengkapan untuk mengatasi bencana alam, menunjukkan peran penting militer dalam membantu masyarakat dalam situasi sulit.

Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh militer dan pemimpin media serta wartawan/kontributor lapangan dari wilayah Sulut.

Semoga kemitraan yang terjalin dapat membawa kemajuan bagi Indonesia, dan acara “Ngopi Bareng” menjadi langkah awal yang berkelanjutan dalam membangun negeri. (***)