oleh

Sinergi Sesama Penyelenggara Penting Untuk Sukses Penyelenggaraan Pilkada 2024

Tomohon– Pemerhati Pemilu, Robby Golioth menjelaskan, suksesnya penyelenggaraan pemilu tak akan bisa dibilang sukses dari penyelenggaraannya, tanpa koordinasi dan sinergitas antar sesama pihak penyelenggara pemilu, masyarakat termasuk khususnya pihak media.

Menurutnya, Media selaku pengawas pihak penyelenggara pemilu juga merupakan ujung tombak dalam hal penyampaian informasi soal pemilu ke tengah masyarakat, mulai dari ajakan memilih, sosialisasi penyelenggaraan tahapan pemilu dan lainnya.

“Namun selain fungsi kontrol di atas, ada banyak juga media yang selalu tampil untuk memberikan kritik soal kinerja penyelenggara pemilu secara khusus dalam hal ini pihak KPU. Untuk itu media walau menjadi pengawas dalam kinerja KPU dan penyelenggara pemilu lainnya, jangan hanya tampil memberikan kritik saja, tapi harus mampu memberikan solusi dari hal yang dikritik, agar sinergitas bersama penyelenggara KPU dalam mensukseskan pilkada bisa berjalan sesuai harapan,” terangnya dalam kegiatan Media Gathering soal Kesiapan KPU Tomohon dalam Menyelenggarakan Pilkada Tahun 2024, pada Jumat, (17/05-2024).

Lanjutnya, dalam hal ini kami juga mengapresiasi kinerja pihak KPU Tomohon yang mampu menggelar pelaksanaan pemilu presiden di tahun 2024, dengan capaian partisipasi masyarakat sebesar 89 persen. Hal ini cukup tinggi kendati ke depan harus diupayakan menjadi lebih baik lagi.

“Keterbukaan dari pelaksanaan pemilu seperti KPU Tomohon sangat memilki pengaruh, karena tanpa keterbukaan semua sia sia, kendati tak harus semua dibuka secara gamblang berhubung ada tahapan yang mewajibkan dilaksanakan tertutup, seperti contoh tahapan pleno tertutup,” pungkasnya.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan, Ketua KPU Kota Tomohon, Albertien GV Pijoh didampingi Komisioner KPU masing masing, Youne Y Simangunsong, Deisy Soputan, Roger R Datu dan Arinny Y Poli. (*/Bert)