oleh

Fokus Tuntaskan Stunting,Bupati Pohuwato Resmikan RTP2S

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga (Foto.Ist)

Pohuwato – Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam menuntaskan persoalan Stunting di daerah. Dalam hal ini RTP2S Pohuwato, Bupati Saipul Mbuinga kembali meresmikan program Rumah Tangga Pelopor Pencegahan Stunting (RTP2S). bertempat di Desa Padengo Kecamatan Duhiadaa, Jum’at, (28/1/2022).

Dalam sambutannya Bupati Saipul Mbuinga mengatakan selaku pemerintah daerah,menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan RTP2S yang tujuannya untuk mencegah angka stunting di kabupaten pohuwato.

“Kegiatan ini tidak sebatas ceremonial saja, akan tetapi bagaimana proses keberlanjutan dari pencegahan stunting yang menjadi program nasional dan pemerintah daerah terutama fokus dengan penurunan angka stunting ini. Bahkan dulu saat saya di DPRD, saya sempat memberikan instruksi kepada bupati dan wakil bupati sebelumnya pada rapat paripurna saat itu. Karena sebelum jadi anggota DPRD, kami masuk dalam kelompok pemerhati kemanusiaan, kami menyampaikan bahwa stunting itu harus menjadi perhatian,” Ungkap Bupati Saipul.

Lanjut Bupati Saipul Mbuinga, semua kegiatan terkait dengan kemanusiaan terutama di bidang kesehatan ini menjadi kerja-kerja kami dan itu yang dituangkan dalam rapat paripurna saat itu dan saat di 2017 angka stunting berada di angka 24 koma sekian persen, angka yang cukup besar. Bahkan, Bupati Syarif dan Wabup Amin Haras saat itu langsung menangani persoalan dan langsung ditangani secara terpusat.

Artinya, saat ini dengan konsep baru yakni RTP2S sangat diharapkan kebersamaan dan dukungan kita semua termasuk camat dan kades, karena tujuan ini sangat baik dalam menyelematkan anak-anak dari stunting dengan pendekatan ke wilayah-wilayah seperti ini dan tentu ini sangat membantu masyarakat.

“Kamipun akan terus menekan angka stunting di Pohuwato yang Insya Allah usaha kita menjadikan Pohuwato nol atau zero stunting di 2023 tercapai,” Tutup Bupati Saipul. (*/HS)