oleh

Empat Kapal Puskesmas Keliling Laut Resmi Beroperasi di Perairan Minahasa Utara

-Berita, Minut-678 Dilihat

Minut-Bupati Minahasa Utara Joune Ganda secara resmi menyerahkan empat unit kapal Puskesmas Keliling Laut di Pelabuhan Munte, Likupang Barat. Jumat, (07/07/2023).

Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat kepulauan dan pesisir Kabupaten Minahasa Utara.

Kehadiran kapal-kapal ini menandai langkah maju dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan medis bagi warga kepulauan.

Bupati Joune Ganda berbagi kisah tentang penderitaan masyarakat yang kesulitan mendapatkan pengobatan, bahkan ada yang harus meregang nyawa sebelum bisa mencapai daratan. Kenangan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk melibatkan Puskesmas wilayah kepulauan dalam menjangkau masyarakat.

“Kehadiran kapal ini, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan dan pesisir pantai,” ujar Bupati Joune Ganda, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Minut, dr. Stella Safitri.

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam meraih bantuan empat unit Puskesmas Keliling Laut dari Kementerian Kesehatan merupakan hasil dari upaya lobinya.

Dalam waktu dekat, jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah kepulauan juga akan ditambah, bukan hanya untuk membantu pelayanan, tetapi juga merawat kapal-kapal Puskesmas tersebut.

“Tenaga kesehatan kami akan aktif berperan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan menjaga kapal agar dapat beroperasi dengan baik. Kepala Puskesmas setempat juga akan terlibat dalam pemeliharaan bantuan ini,” jelas dr. Stella Safitri.

Selain penambahan tenaga kesehatan, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara juga akan mengatur biaya perawatan, pemeliharaan kapal, dan bahan bakar untuk memastikan Puskesmas Keliling Laut dapat beroperasi secara efektif.

“Meskipun terbatas oleh anggaran, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk kepentingan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut,” tutup dr. Stella Safitri.

Dr. Harold Sepang, Kepala Puskesmas Tinongko, juga mengapresiasi bantuan yang diberikan pemerintah dalam mendukung pelayanan kesehatan di wilayah kepulauan dan pesisir.

“Sangat berterima kasih buat pemerintah daerah sudah mengupayakan fasilitas untuk puskesmas di daerah kepulauan. Semoga sarana ini bisa makin memaksimalkan pelayanan di daerah kepulauan,” ujar dr. Harold. (***)