oleh

Dukung Program Pemerintah, Personel Lanud Sam Ratulangi Ikuti Literasi Digital Lanjutan Sektor Pemerintahan

-Manado-537 Dilihat

Manado-Dalam rangka mendukung program pemerintah, personel Lanud Sam Ratulangi mengikuti Literasi Digital Lanjutan Sektor Pemerintahan kepada prajurit TNI secara daring dari Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Kamis (3/8/2023).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemen Kominfo RI) dengan TNI yang mengangkat tema “TNI Makin Bijak dan Makin Cakap Digital” dalam rangka mendukung Program Literasi Digital Nasional yang telah dicanangkan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Program Literasi Digital Nasional menurut Presiden RI sangat penting karena tantangan di ruang digital sangatlah besar dengan berbagai konten negatif, berita hoax, penipuan daring, perundungan siber, ujaran kebencian dan lain sebagainya terus bermunculan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kewajiban kita bersama untuk meminimalkan konten negatif dan membanjiri dengan konten positif, caranya dengan meningkatkan kecakapan digital agar mampu menciptakan konten kreatif yang mendidikan, menyejukan, dan membawa perdamaian,” jelasnya.

Menurutnya, literasi digital adalah kerja besar yang memerlukan sinergitas seluruh komponen bangsa agar masyarakat dapat melek digital, sehingga gerakan literasi digital ini dapat terus ditingkatkan untuk dapat mendorong berbagai inisiatif dalam memanfaatkan teknologi internet agar lebih edukatif dan produktif.

Senada dengan Presiden RI, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menegaskan bahwa sebagai prajurit TNI merupakan suatu kewajiban untuk memerangi konten negatif dengan memenuhi ruang digital melalui konten-konten positif yang mendidik.

“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan program literasi digital di lingkungan TNI agar prajurit dan PNS TNI memahami secara menyeluruh bagaimana menggunakan digital secara bijak dan semakin cakap memanfaatkannya untuk menjaga citra positif TNI,” ujarnya.

Selanjutnya, Panglima TNI mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI untuk mengambil peran dalam literasi digital agar mampu menjadi perekat persatuan bangsa di dunia maya, dan kegiatan ini berisi empat pilar literasi digital yaitu etika digital, budaya digital, keterampilan digital, dan keamanan digital.

Adapun narasumber yang hadir dalam literasi digital ini Pranata Komputer Ahli Muda Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Muhammad Noval S. Kom., M.T.I., Tenaga Ahli Bidang Jaringan Komputer Bapak Andri Johandri, Digital Clearning Consultans Bapak Gatot Sandy, Kepala Laboratorium Psikologi Fakultas Humaniora Universitas Bina Nusantara Dr. Cornelia Istiani, M.Psi.T, S.Pd., Kasubbid Web Dukungan Teknologi Informasi Pusinfolahta TNI Letkol Chb Muchdi, S.Kom., Kabid DukTI Pusinfolahta TNI Kolonel Sus Restu Putra, S.Kom. (*/Mal)