oleh

Dubes RI Sampaikan Apresiasi Suksesnya EBM-UCLG ASPAC 2024 di Minahasa Utara

-Berita, Minut-432 Dilihat

Minut-Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia menyampaikan apresiasi tinggi serta ucapan selamat atas suksesnya pelaksanaan Executive Bureau Meeting (EBM) UCLG ASPAC pertama tahun 2024, yang digelar di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, pada 5-7 Juni 2024.

Ucapan ini disampaikan langsung Dubes RI untuk Tiongkok dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, melalui pesan berbasis data dan video testimoni khusus dari ruang kerjanya.

Pesan tersebut ditujukan kepada Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, 5 Juni 2024, di Kantor KBRI di Beijing.

“Saya Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun mengucapkan Selamat dan Sukses Atas pelaksanaan Executive Buereau Meeting UCLG ASPAC Pertama tahun 2024  pada Tanggal 5 sampai 7 Juni 2024 di Paradise Hotel&Resort Likupang Kabupaten Minasaha Utara Provinsi Sulawesi Utara,” kata Oratmangun.

Djauhari mengungkapkan bahwa sebelumnya ia telah menerima undangan khusus dari Bupati Minut, Joune Ganda, untuk hadir dan menjadi keynote speaker dalam acara bergengsi ini. Namun, rencana tersebut batal karena terdampak erupsi Gunung Ruang yang mengakibatkan penundaan pelaksanaan UCLG ASPAC.

“Awalnya saya telah agendakan untuk hadir bahkan memboyong sejumlah pejabat KBRI dan para Investor untuk hadir, tapi tertunda akibat bencana alam” kata sosok Dubes yang sangat welcome dengan awak media itu.

Lebih lanjut, Djauhari menekankan bahwa keberhasilan menggelar forum internasional ini, yang digagas Bupati Minut Joune Ganda, sangat strategis dan bernilai ekonomi tinggi. Dengan kehadiran sekitar 150 peserta, termasuk para kepala daerah di Asia Tenggara serta stakeholder di sektor pariwisata, perikanan, kelautan, lingkungan hidup, dan berbagai sektor lainnya, diyakini Kabupaten Minahasa Utara akan semakin dikenal di kancah internasional, khususnya kawasan Asia Pasifik. Selain itu, akan lahir kesepakatan bisnis baru antara Minahasa Utara dan delegasi yang hadir.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses kepada Kabupaten Minahasa Utara khususnya sahabat saya Bupati Minut Joune Ganda, atas kepercayaan dan terlaksananya Kegiatan kegiatan Executive Buereau Meeting UCLG ASPAC pertama tahun 2024”, tambah Djauhari, yang merupakan putra terbaik asal Sulawesi Utara. Ia juga menyatakan bahwa kegiatan ini akan menghasilkan pemikiran-pemikiran positif dan strategis bagi kemajuan bersama, khususnya untuk Minahasa Utara dan Sulawesi Utara secara umum.

Bupati Minut, Joune Ganda, membenarkan bahwa Dubes Djauhari Oratmangun sejak awal sangat antusias untuk hadir dan merasa bangga Minahasa Utara dipercaya menjadi tuan rumah UCLG ASPAC 2024.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas atensi Pak Dubes RI untuk Tiongkok Merangkap Mongolia, semoga progres kerjasama kedepan akan tetap terjalin dan dikembangkan demi kebaikan bersama”, ungkap Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tersebut dengan optimis.(***)