oleh

DP3A Mitra Galakan Kampanye He For She

RedaksiSulut,Mitra-Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (DP3A) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), galakan kampanye ‘He For She’ guna Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan Kewenangan Kabupaten, bertempat di gedung serba guna Kelurahan Wawali Pasan, Ratahan, Senin (31/7/2023).

Kepala DP3A Sulut, Wanda L.C Musu menyampaikan, kampanye ‘He for She’ merupakan bentuk komitmen pemerintah yang memposisikan pria agar lebih peduli terhadap kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan.

“Saya pun sangat mengapresiasi kepemimpinan Bupati James Sumendap di Minahasa Tenggara yang memperlihatkan kepedulian terhadap perempuan dengan banyaknya kaum wanita yang menduduki jabatan atau pun sebagai pengambil keputusan dalam menentukan kebijakan-kebijakan strategis dalam pemerintahan,” tukas Wanda.

Sementara itu, Kepala Dinas P3A Mitra, Sherly Rompas memaparkan, pelaksanaan program kampanye ‘He for She’ ini bertujuan guna meningkatkan partisipasi laki-laki dalam isu perempuan dan anak.

“Harapannya dapat meningkatkan kesadaran dan komitmen masyarakat tentang perlindungan terhadap perempuan dan anak, agar terhindar dari tindak kekerasan. Termasuk juga mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” papar Rompas.

Untuk itu, dengan adanya kampanye ini, diharapkan ada perubahan paradigma atau pola pikir laki-laki sehingga dapat memberikan perlindungan, akses, kesempatan, dan ruang kepada perempuan untuk bersama-sama menjadi subjek dalam program pembangunan.

Narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas P3A Provinsi Sulawesi Utara, Wanda L.C Musu, Sekretaris DP3A Sulut Nelda Lutungan serta Kabid Pengarusutamaan Gender (PUG) Grace Enoch. Turut hadir Camat Ratahan, Lurah, unsur perangkat kelurahan se-Kecamatan Ratahan, hukum tua, UPTD serta jurnalis. (***)