oleh

Dipimpin Bupati Limi Mokodompit, Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di Bolmong Berlangsung Khidmat dan Meriah

Bolmong-Dibawah Pimpinan Penjabat Bupati Ir. Limi Mokodompit, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) berlangsung khidmat dan meriah.

Acara diawali dengan upacara pengibaran bendera pusaka merah putih oleh anggota Paskibraka, bersama pasukan kehormatan dari unsur TNI-Polri dengan formasi lengkap.

Upacara bendera HUT Proklamasi ini sendiri digelar di halaman Kantor Bupati Bolmong, Kecamatan Lolak pada pukul 08.00 Wita. Kamis, 17 Agustus 2023.

Pj Bupati Bolmong, Ir. Limi Mokodompit yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, memimpin langsung prosesi penyerahan bendera pusaka merah putih untuk segera dikibarkan.

Sementara itu, untuk pembacaan naskah proklamasi dipercayakan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong, Bapak Welty Komaling.

Selepas prosesi upacara bendera, Bupati Limi Mokodompit kemudian menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 1.037 individu yang tergabung dalam Pekerja Penyelenggaraan Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Formasi PPPK ini terdiri dari 735 formasi guru, 227 tenaga kesehatan, dan 75 tenaga teknis. Dengan adanya penyerahan SK ini, diharapkan dunia pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur di Bolaang Mongondow akan semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Usai penyerahan SK Formasi PPPK, Pj Bupati Bolmong bersama unsur Forkopimda langsung mengambil tempat untuk menyaksikan pengibaran bendera pusaka, sekaligus mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka melalui live streaming.

Menariknya, ketika aksi hiburan lagu Rungkad yang dinyanyikan oleh Putri di Istana Merdeka, Pj Bupati Bolmong dan unsur Forkopimda serta tamu undangan juga ikut bergoyang, menambah kemeriahan acara HUT Kemerdekaan RI Ke-78 tahun.

Setelah menyaksikan live streaming, rombongan Pj Bupati Bolmong dan para tamu undangan lanjut ke rumah dinas bupati, untuk makan siang bersama.

Acara kemudian dilanjutkan kembali pada pukul 04.30 Wita, untuk melaksanakan upacara penurunan bendera pusaka ditempat yang sama.

Diketahui, Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, menandakan HUT kemerdekaan RI sebagai momentum yang tepat untuk semakin menguatkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa, yang dimaknai dengan cerminan semangat dalam pembangunan Indonesia yang terus maju.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni jajaran Forkopimda, mulai dari Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling, Kapolres Bolmong AKBP Arianto Salkery SIK, perwakilan Dandim 1303 Bolmong, Danlantal Armada II Manado, Danyon Armed 19 Tarik Bogani Bolmong Mayor Arm Dony Romansah, S.Sos., M.HAN, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN Pemkab Bolmong, Camat, Sangadi/Lurah se-Kabupaten Bolmong, tamu undangan, dan para pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA serta Mahasiswa. (Adve/Wandy)