oleh

Demi Keselamatan Masyarakat, Ketua IWO Bitung Minta Truk Kontainer Harus Lewat Tol

Bitung, Redaksisulut – Dengan banyaknya kejadian kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di Kota Bitung, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bitung, Hezky Goni angkat bicara.

Dirinya menyatakan pasca lakalantas yang merenggut nyawa salah satu Wartawan Kota Bitung, Alm Herry Dumais (Hergon) bersama istrinya, Alm Nurhainy S Bakary yang diduga terlindas truk kontainer di jalan utama, Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Girian Atas Kecamatan Girian akibat kendaraan bertonase besar pada hari Jumat, (18/2/2022).

Menurutnya bahwa, sampai saat ini tidak sedikit yang telah menjadi korban hingga meninggal dunia akibat kendaraan bertonase besar seperti truk kontainer.

“Pemerintah harus mewajibkan semua kendaraan besar tidak lagi menggunakan jalan umum yang notabene tidak diperuntukkan bagi truk. Sudah saatnya truk kontainer lewat tol. Jangan ada korban lagi, karena dari aturan, jalan utama di Kota Bitung tidak diperuntukkan untuk kendaraan bertonase besar seperti truk kontainer”. Katanya. Minggu, (20/2/2022).

Lanjutnya bahwa desakan itu selain mencegah kejadian Lakalantas susulan, juga mengacu ke Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan yang diundangkan sejak tanggal 2 Februari di Jakarta dan sekaligus sebagai tindak lanjut dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Tidak semua jalan umum bisa digunakan kendaraan bertonase besar seperti truk kontainer dan kami minta Pemkot Bitung melalui Dinas Perhubungan dan Polres Bitung segera mewajibkan truk kontainer lewat jalan tol karena di aturan itu sudah jelas”. Lanjutnya.

Tak hanya itu, Hezky juga meminta kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey agar segera menyikapi rententan Lakalantas di Kota Bitung yang diakibatkan truk kontainer dan mewajibkan semua kendaraan bertonase besar lewat jalan tol tanpa terkecuali.

“Kami mohon kepada Pak Olly agar melihat ini. Ini untuk keselamatan masyarakat Kota Bitung, jangan lagi ada korban. Cukup sampai di teman kami, Alm Hergon bersama istrinya”. Ucap Hezky. (*/Wesly)