oleh

Bupati Saipul Buka Bimtek Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Pohuwato – Untuk meningkatkan satu persepsi, satu kesamaan dalam penyelenggaraan pemerintahan maka asosiasi pemerintah desa (Apdesi) pohuwato bersama dinas PMD menggelar bimtek pedoman pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa era pemulihan ekonomi tahun 2022.

Bimtek yang berlangsung di hotel Damhil kota Gorontalo di buka Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampimgi Assisten Pemkesra, Arman Mohamad, Kadis PMD, Muzna Giasi dan Ketua Apdesi Pohuwato, Sirwan Mohi, Sabtu, (26/3/2022).

Dalam sambutannya Bupati Saipul mengatakan, peningkatan kapasitas atau capacity bulding bagi perangkat desa sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan kepala desa dan, keperibadian, tanggungjawab dan kemampuan managerial kades dan aparat desa.

“Sebagai perangkat pemerintah terdepan dalam memberikan layanan prima bagi masyarakat, tentunya harus di bekali dengan kemampuan memahami sejumlah aturan dan regulasi yang berkenaan dengan penyelenggaraan pemerintah desa terutama pada aspek kemampuan pengelolaan keuangan desa.” Ucap Bupati Saipul.

Dikatakan Bupati Saipul, jika ditotalkan anggaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dialokasikan ke 101 desa di kabupaten pohuwato sejak 2014 hingga tahun 2022 mencapai anggaean 1 Triliyun lebih terdiri atas komponen dana desa yang bersumber dari APBN, alokasi dana desa, bantuaan keuangan  khusus dan bagi hasil retribusi dan pajak daerah yang bersumber dari APBD Kabupaten.

“Pengalokasian dana dimaksud sebagai wujud implementasi azas rekognisi dan subsidaritas dan tugas kewenangan yang diberikian oleh pemerintah pusat berupa kewenangan dalam penyelenggaran pemerintahan, pembangunan infrastruktur pembinaan dan pemberdayaan masyarakat,” Ujar Bupati.

Terakhr, Bupati Saipul menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan guna menghindarkan kita semua dari tindakan melanggar dan melawan hukum dalam menjalankan tugas.

“Harapannya, ikuti dengan baik kegiatan ini guna jalannya penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana yang kita harapkan bersama”,Tutupnya. (*/Siti)