oleh

Bupati Minut Hadiri Kegiatan SPM Award Tahun 2023

-Berita, Minut-318 Dilihat

Minut-Memenuhi undangan Menteri Dalam Negeri, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda hadir mengikuti  agenda Standar Pelayanan Minimal (SPM) Award 2023. Selasa, (21/03/2023).

Kegiatan dibuka Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo bersama 7 narasumber yang ada ini juga memaparkan arah kebijakan SPM dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, bencana, dan lainnya.

Pada kesempatan itu Wamendagri John Wempi Wetipo juga memberikan penghargaan SPM Awards 2023 sekaligus menegaskan, urusan pemerintahan yang wajib diperoleh setiap warga negara diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Ketentraman dan Ketertiban Umum serta perlindungan masyarakat, dan Sosial.

“SPM ini ditetapkan dan diterapkan berdasarkan prinsip kesesuaian kewenangan, ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan, keterukuran dan ketepatan sasaran. Apalagi, mereka berhadapan langsung dengan masyarakat dalam hal pemenuhan pelayanan dasar,” ujar Wamendagri.

Di tempat yang sama, Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Restuardy Daud menambahkan, tujuan diadakan SPM Awards 2023 ini untuk meningkatkan komitmen Kepala Daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong Penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal.

“Adapun indikator yang menjadi penilaian SPM Awards 2023 yakni Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), Komitmen Anggaran penerapan SPM, Pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam penerapan SPM, Pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM, dan Kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM),” ujar Restuardy.

Adapun Kabupaten Minahasa Utara yang terundang dalam acara itu optimis, berkat arahan dari para stakeholder yang ada, kedepannya akan mendapatkan penghargaan SPM Award yang di selenggarakan berikutnya.

Bupati Minut Joune Ganda menegaskan dirinya optimis Minut bakal mencapai SPM yang diharapkan Kemendagri.

“SPM Awards 2023 adalah bentuk penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang berkinerja terbaik, dalam menerapkan SPM,” tandas Bupati JG. (***)