oleh

Bupati Kumendong Sebut Semangat Idul Adha Mendorong Kerja Keras Dalam Membangun Kabupaten Minahasa

Minahasa-Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si, menghadiri Ibadah Sholat Idul Adha Hijriah 1445 Tahun 2024 Masehi. Bertempat Masjid Agung Al-Falah Kyai Modjo Kampung Jawa Tondano, Senin (17/6/24).

Dalam sambutan BupatiMinahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, M. Si menyampaikan pada kesempatan yang penuh syukur ini, Atas nama Pemerintah dan segenap lapisan masyarakat Kabupaten Minahasa, serta atas nama pribadi dan keluarga, menyampaikan selamat merayakan hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024, kepada segenap umat muslim di kabupaten Minahasa tercinta ini.

Lanjutnya, Hari Raya Idul Adha adalah salah satu hari besar dalam agama islam yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan. hari ini, kita mengenang kembali kisah teladan Nabi Ibrahim yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhan yang luar biasa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. dengan rela, beliau siap mengorbankan Putranya, Nabi ismail demi memenuhi perintah Allah. Namun, di balik kisah ini, Allah menunjukkan kasih sayang-nya dengan menggantikan Nabi Ismail dalam pengorbanan tersebut dengan hewan, sehingga peristiwa ini bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasikan pesan Keagamaan lewat aksi nyata ketakwaan kepada Allah.

“Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan Simbolik Agama, yang menunjukkan keikhlasan dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah Sang Pencipta.” jelas Bupati.

Atas dasar spirit itu, Kata Bupati Kumendong, peringatan Idul Adha dan Ibadah Qurban memiliki dua makna penting sekaligus. pertama, yaitu makna ketakwaan manusia atas perintah sang khalik. kedua, yaitu makna sosial, di mana hal ini bermaksud mendidik umat muslim agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama. akan lebih indah pula bila nilai yang terkandung dalam peristiwa qurban itu, kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun masyarakat dan kabupaten minahasa tercinta ini.

“Idul adha juga merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk mempererat tali silaturahmi, dengan saling berbagi, dan peduli terhadap sesama, terutama kepada mereka yang kurang mampu. Melalui pelaksanaan Ibadah kurban, kita dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di tengah situasi global dalam menghadapi berbagai tantangan.” ungkap Bupati Kumendong.

Dalam konteks pembangunan daerah, lanjut kata Bupati, semangat Idul Adha juga dapat kita maknai sebagai dorongan untuk bekerja lebih keras, lebih ikhlas, dan lebih bersemangat dalam membangun Kabupaten Minahasa yang lebih baik.

“Sebagaimana Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang menunjukkan ketangguhan dan kesabaran dalam menghadapi ujian, kita pun harus siap menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dengan penuh kesabaran dan semangat yang pantang menyerah.” Ucap Bupati Kumendong.

Selanjutnya, Bupati Kumendong mengajak seluruh masyarakat kabupaten minahasa, khususnya yang merayakan Idul Adha pada hari ini, untuk terus menjaga semangat kebersamaan dan kerukunan. Kabupaten Minahasa, dengan segala keberagaman suku, agama, dan budaya, telah membuktikan bahwa toleransi dan keharmonisan dapat terwujud jika kita saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan ini demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan ekonomi, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang Terbaik bagi seluruh masyarakat. namun tentu saja, upaya ini membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. Mari kita bergotong-royong, bahu-membahu, dan berkontribusi sesuai dengan peran kita masing-masing.” Ujar Bupati.

Mengakhiri sambutan ini, Bupati Kumendong mengajak marilah kita bersama-sama memperkokoh iman dan takwa kita kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala, serta terus meningkatkan kualitas hubungan kita dengan sesama manusia.

“Semoga Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah ini menjadi momentum bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik, lebih peduli, dan lebih bermanfaat bagi orang lain.”Pungkas Bupati Kumendong. (*/Ronny)