oleh

Bupati Kumendong Buka Perilisan Token ANBK di SD GMIM Toliang

Minahasa– Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Kumendong, membuka perilisan token pertama pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Dua Sekolah berbeda di Kabupaten Minahasa. bertempat di SD GMIM Toliang Kecamatan Kakas Barat, Senin (23/10/2023).

Dikatakan Bupati, program ini juga akan menggantikan ujian nasional. ANBK dengan tiga instrument yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survey karekter dan survey lingkungan belajar.

“AKM digunakan untuk mengukur literasi mambaca dan literasi matematikan para siswa. Fungsi ANBK dirancang guna menghasilkan informasi yang akurat supaya dapat dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar.” jelas Bupati Kumendong.

Sehingga, nantinya juga kata Bupati Kumendong, ini akan meningkatkan hasil belajar siswa. Asesmen nasional bertujuan pengembangan dan karakter murid tersebut dalam satuan pendidikan atau sekolah yang dinilai dalam ANBK akan diukur kualitas proses belajar mengajar juga iklim satuan pendidikan yang mendukung meningkatkan kualitas siswa, serta mengukur sejauh mana akan kemampuan siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga mereka tidak akan kaget dengan adanya program komputerrisasi yang akan digunakan di era digital.

“Anak-anak juga harus memiliki motivasi kedepan serta cita cita. Lantaran, semua pejabat yang ada sekarang bukan berasal dari sekolah mahal atau sekolah di perkotaan, namun bisa menjadi Bupati dan pejabat eselon II,” Ujar Bupati Kumendong.

Di tempat lain, Sekda Minahasa Lynda Watania juga menghadiri pembukaan perilisan token ANBK di SDN 3 Tondano menyampaikan kegiatan ini sudah menjadi program pemerintah, semoga anak-anak dapat mengisi dengan baik juga semangat dalam mengikuti ANBK.

“Anak anak siswa mesti konsentrasi dan jangan malu bertanya kepada guru dalam mengoperasikan computer atau laptop, bagi siswa yang masih baru dalam menggunakan Laptop. Orang tua diharapkan juga melakukan pengenalan penggunaan laptop supaya siswa dapat mengerti penggunaannya di kemudian hari,” jelas Sekda Watania.

Sementara itu Kepsek SD GMIM Toliang Neltje Montolalu SPd, memberikan apresiasi positif kepada Bupati Minahasa Jemmy Kumendong yang telah melakukan pemantauan langsung serta merilis token ANBK. “Ada 8 sekolah yang bergabung di sekolah kami, dan dibagi menjadi dua sesi dalam pelaksanaan ANBK ini,” tukas Montolalu.

Turut hadir Kadis Pendidikan, Kadis Sosial, Kaban Dipenda, dan Kadis Perikanan, Camat Kakas, Camat Kakas Barat serta Kepsek SD se-kecamatan Kakas Barat.  (Ronny/Adve)