oleh

Bupati JG Serahkan Bantuan PSBI Untuk Pulau Bangka

-Berita, Minut-307 Dilihat

Minado-Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda menegaskan komitmennya terhadap pembangunan ekonomi lokal dengan menghadiri Kegiatan Penyerahan Program Bantuan Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk Pulau Bangka yang dirangkaikan dengan pembukaan The 5th Urban Economy Festival di Atrium Mantos 3. Selasa (11/07/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Sekprov Sulut Stive Kepel S.T., M.Si, yang mewakili Gubernur Olly Dondokambey, serta Deputi Gubernur BI Juda Agung secara daring. Turut hadir pula Kepala BI Perwakilan Sulut Adry Prasmuko, Kepala OJK Sulut, Wali Kota Manado Andrei Angouw, Bupati Minsel Franky Wongkar S.H, dan Bupati Minut Joune Ganda S.E, serta pejabat Provinsi dan undangan lainnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Strategic Flagship Event Tahunan yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sinergi dalam mendorong UMKM sektor prioritas yang memiliki daya saing tinggi. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, KPw BI Provinsi Sulut menyelenggarakan The 5th Urban Economy Festival (The 5th UEF) bekerja sama dengan Pemda Kota Manado (Manado Expo 2023) dan Dekranasda Sulut (Manado Fashion Week).

The 5th UEF dimulai dengan Keynote Speech secara virtual yang disampaikan oleh Deputi Gubernur BI Juda Agung. Sekprov Sulut mewakili Gubernur Sulut memberikan sambutan dan bersama-sama dengan Kepala Perwakilan BI Sulut membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan The 5th UEF.

Setelah sambutan dari Deputi Gubernur BI dan Sekprov, dilakukan pengukuhan DPW HEBITREN Sulut, yang diikuti oleh sambutan dari Deputi Gubernur BI. Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Kerjasama Perdagangan UMKM Potensi Ekspor antara Ramantha Kitchen, PT Putranasa Mandiri dengan Sekprov Sulut dan Kepala BI Perwakilan Sulut.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pengukuhan DPW HEBRITEN Sulut. Selanjutnya, Sekprov Sulut secara simbolis menyerahkan PSBI UMKM Pendorong Ekspor atas nama Gubernur kepada Poklahsar Ramantha Kitchen. Pimpinan Dekranasda Sulut juga menyerahkan Sertifikat Kompetensi BNSP UMKM Kerajinan Batik, sementara beberapa PSBI diserahkan untuk pemberdayaan Ponpes Hidayattulah Bitung, PSBI Pasar Digital diserahkan oleh Wali Kota Manado kepada Pasar Bersehati Manado, dan PSBI Pulau Bangka diserahkan oleh Bupati Minut Joune Ganda kepada Hukum Tua Desa Lihunu. Selain itu, dilakukan penyerahan sertifikat Halal UMKM oleh LPH Unsrat dan Kementerian Agama Sulut, serta Penyerahan Simbolis KUR-BI SAID, BRI kepada UMKM Debitur.

Setelah kegiatan tersebut, Bupati Minut didampingi oleh Kepala Perwakilan BI Sulut meninjau stand pameran UMKM asal Minut yang dihadirkan dalam acara tersebut, seperti Wale Gonufu.

Dengan kehadiran berbagai pihak terkait dan fokus pada upaya pengembangan ekonomi lokal melalui sinergi dengan UMKM, kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan dukungan nyata kepada pelaku usaha kecil dan menengah dalam menghadapi tantangan ekonomi saat ini. (***)