oleh

Bupati Delis Resmikan Korolaki Kampung Moderasi Beragama di Morut

Morut,Sulteng-Untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, sikap toleransi, serta memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Morowali Utara (Morut) menetapkan Desa Korolaki di Kecamatan Petasia, sebagai Kampung Moderasi Beragama, yang diresmikan langsung Bupati Morut, Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, di Puncak Harmoni Desa Korolaki, Rabu 26 Juli 2023.

Latar belakang dibentuknya kampung moderasi beragama ini, tidak lain karena adanya kehidupan masyarakat yang majemuk dan diperlukannya sikap saling menghargai serta menghormati perbedaan satu sama lain. Kampung moderasi beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat.

Bupati Delis, dalam sambutannya, mengatakan, moderasi beragama yang ada di bumi tepo asa aroa tercinta, sifatnya bukan teori lagi, tetapi sudah sampai pada penerapan kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut bisa dilihat dari masyarakatnya yang hidup berdampingan dengan aman dan damai satu sama lain, tanpa melihat perbedaan baik agama maupun suku yang ada didalamnya.

Iklim yang aman dan kondusif antar umat beragama ini tentu saja tidak lepas dari peranan besar para tokoh agama dan penyuluh agama yang selalu memberikan kesejukan ditengah-tengah masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tokoh agama dan para penyuluh agama yang selama ini berkontribusi besar dalam menjaga keamanan dan kondusifitas yang ada di masyarakat”, ujar Bupati Delis.

Ia mengatakan, kontribusi besar dari para tokoh agama ini, tentu saja sangat diapresiasi dengan baik oleh Pemda Morut, dengan memberikan insentif kepada para rohaniawan seperti imam, pendeta dan pemangku.

“Tahun ini, Pemda Morut berencana akan memberikan jaminan profesi kepada para rohaniawan, berupa BPJS Ketenagakerjaan yang biayanya ditanggung penuh Pemerintah, ” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Delis, tidak lupa mengucapkan terima kasih atas peran dari Kepala Kantor Kemenag beserta seluruh jajarannya dalam mendorong hal-hal positif, seperti kegiatan yang di laksanakan saat ini. Pemda akan terus bermitra dengan Kantor Kemenag dalam rangka menciptakan kerukunan antar umat beragama, berbangsa dan bernegara di daerah ini.

Kegiatan tersebut, ditutup dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), terkait penetapan Kampung moderat beragama Kabupaten/Kota se- Sulteng 2023.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Morut diwakili Anggota Yanto Baoli, Dandim 1311 Morowali/Morowali Utara Letkol Inf. Alzaki, SE MM MBA MMAS, Kepala Kantor Kemenag Morut Dr H Abdul Mun’im, MHI, Kapolres Morut diwakili Kompol, Marthen yg Ratu, Danramil 1311-03 Petasia, Kapten Inf Amrul, Kades Korolaki Yongki Lapasila, sejumlah tokoh agama dan penyuluh agama, serta tamu undangan lainnya. (*/NAL)