oleh

Bupati Delis Minta Kapus Fokus Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Morut

Morut –Bupati Morowali Utara (Morut) Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, menggelar rapat internal dengan para Kepala Puskesmas (Kapus) Se-Kabupaten Morut, di rumah singgah Bupati Delis, di Desa Tinompo Kecamatan Lembo, Kabupaten Morut, Rabu (03/02/2023) siang.

Bupati Delis,yang saat itu didampingi Kadis Kesehatan Morut, Alno Berniat Sanampe SKM MKes dan Kaban BKPSDMD Morut Drs Nimrod A Tandi MSi, meminta kepada para Kapus dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di bumi tepo asa aroa tercinta.

Peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang dimaksudkan, adalah melakukan pemetaan terhadap kuota Tenaga Kesehatan (Nakes) yang dibutuhkan, peningkatan sarana dan prasarana (Sapras), serta memfokuskan pelayanan yang ramah kepada masyarakat.

Sekaitan dengan pemetaan kuota Nakes yang dibutuhkan, Bupati Delis, menginginkan agar para Kapus dapat menghitung secara cermat kebutuhan Nakes , dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Ia berkeinginan, agar pemetaan Nakes dilakukan dengan cara memperhitungkan jumlah Nakes yang akan pensiun, sehingga jumlah penerimaan Nakes, bisa berimbang, dan alokasi anggaran yang ada dapat digunakan secara efektif dan efisien.

“Saya berkeinginan, agar para Kapus bisa memperhitungkan dengan baik kebutuhan Nakes yang ada, sehingga penggunaan anggaran bisa dimaksimalkan dengan baik, ” ujar orang nomor satu diMorut itu.

Kata dia, jumlah kebutuhan Nakes harus berimbang antara Puskesmas satu dengan yang lainnya, agar Nakes yang ada bisa tersebar secara merata.

Bupati Delis, meminta para Kapus membuat perincian terhadap kebutuhan akses sapras kesehatan, seperti Polindes, Pustu, Ruang Rawat Inap, serta lainnya yang dibutuhkan dalam rangka memaksimalkan pelayanan kesehatan.

“Para Kapus wajib meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan. Nakes yang menjadi Frontliner dalam pelayanan kesehatan, harus bisa melayani dengan penuh senyuman dan keramahan. Hal itu penting, agar masyarakat merasa dilayani dengan baik dan ramah, ” kata mantan Anggota DPD RI Periode 2014-2019.

Pada kesempatan itu, Bupati Delis, tidak lupa mengucapkan selamat kepada Puskesmas Tomata dan Puskesmas Kolonodale, yang meraih Predikat ‘Paripurna’ saat proses Re-Akreditasi Puskesmas di tahun 2023 sebelumnya.

“Terima kasih buat kerja keras para Kapus, sehingga Kabupaten Morut di 2023 sebelumnya, status Kabupaten sehat naik dari peringkat 4 ke peringkat 3”, tandas Politisi Senior Partai Hanura ini. (*/NAL)