oleh

Bupati Delis Launching Dua Inovasi Terbaru Dinkesda Morut

Morut – Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Kabupaten Morowali Utara (Morut) me launching dua inovasi terbaru, terkait pelayanan publik kesehatan.

Kedua inovasi tersebut, adalah Dinas Kesehatan berkantor di Puskesmas (Dinkes Berkarisma) dan launching Rumah Produksi Promkes Kamera Kesehatan.

Inovasi itu di launching oleh Bupati Morut, Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, di sela-sela kegiatan Bupati Berkantor di Desa (Buka Desa) di Desa Mandula, Kecamatan Lembo Raya, sebagai tuan rumah, Selasa (28/05/2024).

Dinkes Berkarisma merupakan program monitoring terpadu yang dilakukan langsung Kepala Dinas (Kadis) bersama semua Kepala Bidang (Kabid) dan pengelola program yang ada dilingkungan Dinkesda Morut.

Monitoring ini untuk melakukan evaluasi dan mendapatkan gambaran pelaksanaan serta permasalahan di Puskesmas untuk segera di selesaikan. Sedangkan Kamera Kesehatan Dinkes Morut, merupakan pengembangan Podcast dengan sistem digital yang akan mengakses seluruh informasi bidang kesehatan, yakni komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Delis, mengapresiasi inovasi yang dicetuskan Dinkesda Morut itu.

“Ini ide positif dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, “ungkap orang nomor satu di Morut itu.

Bupati Delis, menilai Dinkes Berkarisma sebagai inovasi yang sangat baik dalam rangka memonitoring kualitas pelayanan kesehatan di semua Puskesmas yang ada di bumi tepo asa aroa tercinta.

“Dengan cara seperti ini, berbagai persoalan atau masalah di Puskesmas, akan cepat tertangani dan diselesaikan,” ujar Politisi Senior DPP Partai Hanura itu.

Begitupun dengan program Kamera Kesehatan. Inovasi ini sangat tepat untuk menginformasikan kepada publik, terkait pelayanan kesehatan secara cepat dan dapat diakses oleh masyarakat melalui hand phone (HP) masing-masing.

Penyebaran informasi dari manual ke digitalisasi seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat seiring dengan kemajuan teknologi saat ini.

Dinkesda Morut termasuk salah satu instansi yang cepat beradaptasi dan melahirkan ide-ide konstruktif. Tahun lalu Dinkesda Morut telah me launching penggunaan aplikasi Analipu Sehat (Alisa).

” Inovasi ini merupakan terobosan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, dalam hal penerbitan kartu BPJS Kesehatan, ” jelas Kadinkesda Morut, Drs Romelius Sapara.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua TP PKK Morut, Febriyanthi Hongkiriwang Ssi Apt, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Kesra Morut, Krispen Masu, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Camat Lembo Raya, Ansar SSos, para Kepala Desa (Kades) dan Ketua BPD se Lembo Raya, serta tamu undangan lainnya. (MCDD/NAL)