oleh

Bupati Delis Kukuhkan Paskibraka Morut 2023

Morut- Bupati Morowali Utara (Morut) Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, secara resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang akan bertugas pada upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Ke – 78 RI, 17 Agustus 2023 Tingkat Kabupaten Morut.

Pengukuhan itu berlangsung di ruang pola kantor Bupati Morut, Minggu malam (13/08/2023).

Anggota Paskibraka Morut yang mengikuti pelatihan selama sebulan berjumlah 34 orang termasuk pengapit dari TNI -Polri.

Pembawa baki bendera merah putih sudah ditetapkan yakni Nanda Amelia Larope siswi SMA Negeri I Lembo dan Alya Alfarina Kapimpi siswi SMA Negeri I Petasia.

Pasukan tiang terdiri dari Ida Bagus Putu Darma Suara (pembentang), Varel Januar Geraldi Lapasila (Danton), Mohamad Iqbal Wirayuda (penarik pagi), dan Dirly Noflan Waleleng (penarik sore).

Bupati Delis, saat mengukuhkan Paskibraka Morut 2023, mengucapkan selamat kepada anggota Paskibraka yang sudah terpilih, dengan harapan dapat menjalankan tugas mulia ini dengan baik.

“Kalian merupakan putra-putri terbaik dan kader terbaik daerah ini. Berbanggalah karena kalian terpilih dari sekian banyak generasi muda yang ada di Morut,” kata orang nomor satu diMorut itu.

“Mengutip kata-kata motivasi yang diucapkan proklamator dan Presiden pertama RI Ir Soekarno yang mengatakan, berikan saya 100 orang tua maka saya akan mencabut Gunung Merapi, tapi berikan saya 10 anak muda maka saya akan mengguncangkan dunia, ” kata orang nomor satu diMorut itu.

Ia menegaskan, saat ini mungkin tidak mengorbankan darah dan nyawa seperti yang terjadi pada peristiwa 10 November di Surabaya yang dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Namun, mengorbankan banyak hal yang diinginkan para pejuang dan pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaan yang mereka rebut dari kaum penjajah.

“Saya ingin tegaskan, pada 17 Agustus ini adik-adik akan mengibarkan bendera merah putih, mengemban tugas yang sangat mulia. Tugas ini merupakan kebanggaan yang tidak bisa dilakukan semua orang. Bersyukurlah dan jalankan kepercayaan ini dengan baik,” ujarnya. (Hms/NAL)