oleh

Bupati Delis Dan Rektor Unsimar Teken MoU, Bagi Pengembangan SDM

Morut-Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut) dengan Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso menandatangani nota kesepahaman Memorandum Of Undastanding (MoU) di bidang pengembangan sumberdaya manusia (SDM).

MoU tersebut ditandatangani Bupati Morut Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS dengan Rektor Unsimar Dr Suwardhi Pantih SSos MM, di ruang kerja Bupati Morut, Rabu (06/09/2023).

Inti kesepahaman itu adalah:
1. Kedua belah pihak sesuai dengan kewenangan yang ada bermaksud untuk bekerjasama dalam meningkatkan kinerja, kualitas pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Morut.

2. Unsimar yang berada di Kabupaten Poso sebagai lembaga pendidikan, sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan segala aset yang dimiliki akan selalu membantu Pemda Morut dalam pengembangan SDM sehingga dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat.

Setelah penandatanganan nota kesepahaman dilanjutkan dengan sosialisasi dari tim Unsimar.

Dalam rombongan itu, selain Rektor, hadir pula Wakil Rektor I bidang Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Dr Sartika Andi Pasau SPd, MPd, Wakil Rektor II bidang Perencanaan, Pengembangan dan Keuangan Dr Moh Rusli Syuaib SSos MSi, Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan SDM Meytri Tambangsila SP, MSi, Direktur Pasca Sarjana Dr Marthen M Tangkeallo ST MT, Kepala Biro ADAK Rudi SE, serta Kepala Biro Kesekretariatan, Humas dan Bantuan Hukum Yorhan Lumalo SE.

Sedangkan dari pihak Pemda Morut hadir Wakil Bupati H Djira K SPd MPd, Sekda Ir Musda Guntur, para Kepala Dinas/Badan dan pejabat lainnya di lingkungan Pemda Morut.

Pada kesempatan itu, Wabup Djira, mengemukakan Pemda Morut menyambut baik kerjasama ini, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas SDM aparatur sipil negara di daerah ini.

Selain itu, kerjasama ini juga sesuai dengan visi misi Pemda Morut, yakni mewujudkan masyarakat Morut yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera (SCS).

Ia mengatakan, Unsimar cukup familiar karena di lingkungan Pemda Morut, cukup banyak alumni Perguruan Tinggi (PT) Swasta di kota Poso tersebut.

“Banyak alumni Unsimar di sini. Jadi Unsimar cukup berperan dalam mencerdaskan aparatur dan masyarakat di daerah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unsimar Dr Suwardhi Pantih SSos MM, menjelaskan, momen penandatanganan kerjasama ini sekaligus untuk mensosialisasikan program studi dan penerimaan mahasiswa baru saat ini.

Pada tahun ini, Unsimar juga sudah membuka program pasca sarjana (S2) program studi Perencanaan Wilayah Pedesaan (PWD).

“Kami menawarkan kepada Pemda Morut, jika ada yang mau melanjutkan studi, baik program S1 maupun S2. Kualitas Unsimar tidak kalah dengan PT lainnya,” jelasnya.

Ia kembali menjelaskan, semua program studi di Unsimar sudah terakreditasi sama seperti Universitas Tadulako (Untad) Palu. (Hms/NAL)