Buka Lomba KSN Tingkat SD SMP, Maurits Berharap Peserta Bisa Berprestasi Ke Tingkat Nasional

Bitung, Redaksisulut – Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM buka kegiatan lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat SD SMP Se-Kota Bitung secara Daring/Online. Senin, (19/4/2021).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di rumah kediaman Keluarga Mantiri-Tangkudung, Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari ini, Maurits di dampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Julius Ondang dan diikuti secara daring oleh Kepala Satuan Pendidikan SD, SMP, Para Guru pendamping dan para siswa peserta KSN.

Dalam kegiatan, Maurits menyampaikan bahwa pelaksanaan KSN secara daring ini kita laksanakan selain karena kita masih dalam situasi pandemi Covid-19 tetapi sebenamya ini adalah bentuk kegiatan mensukseskan visi Pemerintahan Kota Bitung untuk mewujudkan Kota Bitung menjadi kota digital termasuk digitalisasi pendidikan.

“Digitalisasi Pendidikan yang menjadi harapan kita adalah dimana Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar dapat dilakukan oleh Pendidik maupun peserta didik dengan menggunakan teknologi digital”. Kata Maurits.

Lanjutnya bahwa, begitu pula proses manajemen sekolah akan dilakukan melalui proses digital sehingga semua data dan informasi Pendidikan menyangkut Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kepengawasan, Peserta Didik, Sarana dan Prasarana, Hasil Belajar, akan lebih akurat dan lebih mudah diakses oleh Pemerintah Kota Bitung dan pelayanan kita di bidang pendidikan akan lebih maju.

“Karena itu saya mengapresisasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung yang telah berinovasi, bermitra dengan penyedia layanan aplikasi pendidikan untuk pelaksanaan kegiatan ini dan bagi Bapak-Ibu serta Peserta didik yang saya cintai, Kompetisi Sains Nasional merupakan salah satu kegiatan pengembangan minat dan bakat peserta didik, dimana Pemerintah Kota Bitung memiliki kesempatan untuk meningkatkan prestasi kita dibidang pendidikan karena semua peserta didik dilatih untuk memiliki jiwa kompetisi secara objektif terutama dibidang sains”. Lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa, Kedepannya kita berharap dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan prestasi kesiswaan lainya baik yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun yang kita laksanakan sendiri sebagai hasil dari ide dan kreatifitas kita Karna sebagai pemerintah memiliki komitmen untuk senantinsa berupaya memberikan penghargaan kepada peserta didik yang dapat berprestasi dalam kegiatan kompetisi atau lomba dibidang pendidikan.

“Saya sangat berharap adik-adik peserta didik dapat mengikuti kegiatan kompetisi ini dengan sebaik-baiknya dan senantiasa berusaha meningkatkan prestasi pada kegiatan-kegiatan lain di bidang pendidikan dan saya berharap peserta yang ikut KSN saat ini dapat berprestasi ke tingkat Nasional”. Harap Maurits.

Seraya menambahkan bahwa, Hal penting yang perlu saya ingatkan terutama kepada Kepala Satuan Pendidikan bahwa pada bulan Oktober, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengadakan Assesmen Kompetensi Nasional (AKM) yang dikuti oleh Siswa kelas 5 SD dan kelas 8 SMP.

“Assesmen Kompetensi Nasional ini berfungsi untuk mendapatkan peta tentang mutu pendidikan di Indonesia termasuk peta mutu pendidikan di Kota Bitung akan dapat kita ketahui melaui hasil AKM ini. Oleh karena itu saya sangat mengharapkan agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Satuan Pendidikan benar-benar mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti AKM ini”. Tutup Maurits.

Sementara itu, Ondang menyampaikan bahwa, untuk lomba KSN tingkat SD dan SMP akan dilaksanakan dua hari.

“Untuk llomba KSN tingkat SD pada 19 April sedangkan tingkat SMP dilaksanakan hari Selasa 20 April di jam yang sama”. Katanya.

Ondang juga mengakui kendala yang dihadapi peserta, dimana masih ada beberapa sekolah terpaksa tidak mendaftar karena lokasi sekolah tidak terjangkau jaringan internet apalagi lomba KSN diwajibkan online.

“Saya sarankan, bagi sekolah-sekolah yang terisolir jaringan internet dapat bergabung dengan sekolah yang bisa menerima signal internet dengan lancar”. Tutup Ondang. (Wesly)

Related posts