oleh

BKKBN Sulut Gelar Pengembangan Pilot Project PEK Peduli Stunting

-Sulut-518 Dilihat

Sulut-Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut Ir. D. Tino Tandaju, M.Erg membuka kegiatan Pengembangan Model Kemitraan, Permodalan, Pemasaran/Pilot Project Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) Peduli Stunting Tahun 2023,Jumat (18/08/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di hotel Grand Whiz Manado ini,di hadiri Ketua Pokja Pembangunan Keluarga dr. Alfrida Bayang, M.Kes dan pelaksana kegiatan Tarmina Wonopati, S.Pd.

Dalam sambutannya Kaper BKKBN Sulut menyampaikan rencana strategis (Renstra) BKKBN 2020-2024, BKKBN berupaya untuk menggali konsep-konsep baru dalam mengembangkan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

“Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga turut mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Ujar Tandaju.

Dijelaskan Tandaju, Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga yang dikembangkan difokuskan pada keluarga akseptor yang tergabung dalam kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA).

“Melalui program prioritas ini diharapkan keluarga akseptor Kab dan Stunting yang tergabung dalam kelompok UPPKA dapat menjadi penggerak, motivator, dan influencer bagi keluarga akseptor lainnya untuk ikut serta dalam meningkatkan kemandirian ekonomi keluarga.”jelas Tandaju.

Dalam kesempatan ini,BKKBN Sulut berkolaborasi dengan Bank SulutGo, James Lumintang,SE,ME memberikan materi “Kebijakan Perbankan dalam pemberian fasilitasi kredit permodalan “. Dimana tujuan kegiatan ini meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga melalui usaha mikro keluarga, khususnya keluarga Akseptor KB Lestari MKJP dan KB Mandiri MKJP melalui kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA). Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari Kasubid PEK Kab/kota dan Ketua Kelompok UPPKA target Pro-PN tahun 2023. (*/J.Mo)