oleh

Besok Pleno PAW Achmad Syafrudin Ila, Jika KPU Melanggar Kami Siap Tempuh Jalur Hukum

Bitung, Redaksisulut – Pleno terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) yang akan dilakukan Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bitung terhadap anggota DPRD Bitung Achmad Syafrudin Ila akan dilaksanakan pada besok hari Kamis, 7 Juni 2022.

Hal ini dibenarkan Ketua KPU Bitung, Deslie Sumampouw dimana pleno terkait PAW tersebut akan dilaksanakan besok hari.

“Untuk saat ini surat dari DPRD Bitung itu sudah masuk ke KPU bagian sekretariat, namun saya masih belum melihat dan membaca surat yang dilayangkan DPRD Bitung itu dan untuk hasilnya nanti kita lihat besok”. Kata Deslie.

Sementara itu, Aco sapaan Acmad Syafrudin Ila menanggapi hal ini, Rabu, (6/7/2022) menyampaikan bahwa dirinya tidak akan tinggal diam, bahkan sat ini upaya hukum terkait proses pemecatan dirinya dari partai PAN terus bergulir di Mahkamah Partai.

“Untuk upaya hukum proses pemecatan terhadap saya dari Partai saat ini sedang bergulir di Mahkamah Partai dan dalam waktu dekat akan dilakukan mediasi oleh Ketua Mahkamah Partai”. Kata Aco yang merupakan Anggota DPRD tiga periode.

Dirinya juga menyampaikan bahwa untuk soal proses di KPU Kota Bitung, dirinya sangat yakin, dimana KPU pasti akan menjalankan sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Proses di KPU tentunya memiliki mekanisme yang harus di taati dan di jalani. Itu semua jelas diatur  baik dalam Undang-undang, Peraturan Pemerintah atau bahkan dalam Peraturan KPU (PKPU)”. Katanya seraya menyampaikan bahwa jika ada mekanisme yang dilanggar pihak KPU, tentunya kami akan mengambil langkah hukum, baik melalui DKPP atau pengadilan yang ada.

Adapun dalam kesempatan, sempat ditanyakan sejak kapan proses pemecatan dilayangkan kepadanya. Aco menjawab bahwa sudah sejak dua tahun lalu yakni tahun 2020.

“Kalau dengan Partai sudah ada surat pemecatan sejak dua tahun lalu, namun selama ini saya masih dilibatkan dalam beberapa kegiatan partai dan salah satunya termasuk masih dapat undangan-undangan Bimtek partai dan lain-lain yang dilakukan oleh DPP”. Ucap Aco.

Dari informasi, pihak DPRD Kota Bitung telah menyurat ke KPU Kota Bitung terkait nama calon yang akan menggantikan Achmad Syafrudin Ila dan calon kuat yakni Budi Amperawan Ma’ruf. (Wesly)