oleh

Bersinergi Dengan ATR/BPN Morut, Bupati Delis Serahkan 2440 Sertipikat Tanah Buat Masyarakat di Bungku Utara

Morut-Bupati Morowali Utara (Morut), Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, menyerahkan sebanyak 2440 Sertipikat tanah buat masyarakat yang ada di 6 Desa di Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara (Morut), di pelataran kantor Desa Tanakuraya, Kamis (30/05/2024).

Sertifikat tanah itu diserahkan secara simbolis kepada 30 orang perwakilan masyarakat dari 6 Desa penerima sertipikat, yakni Desa Uemasi, Ueruru, Siliti, Baturube, Posangke dan Taronggo.

Sesaat sebelum menyerahkan sertipikat, Bupati Delis, mengucapkan terima kasih kepada pihak ATR/BPN Morut yang telah bekerja keras, sehingga banyak masyarakat yang dahulunya belum memiliki kepastian hukum terhadap tanah yang dimiliki, kini telah mendapatkannya untuk kemudian bisa dimanfaatkan dengan baik.

Ia berpesan, kepada masyarakat agar sertipikat tanah yang ada bisa dijaga dengan baik, serta apabila ingin dimanfaatkan secara ekonomi, hendaknya digunakan dengan cara bijak dan dapat menambah manfaat bagi kesejahteraan keluarganya.

“Jika Bapak dan Ibu ingin memanfaatkan sertipikat tanah tersebut, hendaknya bisa digunakan untuk modal usaha, seperti membangun rumah kos atau usaha produktif lainnya”, ujar Bupati Delis.

Bupati Delis, mengatakan, pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat tersebut merupakan salah satu bentuk sinergisitas yang nyata antara Pemda Morut dengan ATR/BPN Morut, dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan di masyarakat.

“Kami ucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Bungku Utara yang menerima sertifikat tanah. Kiranya hal ini bisa dimanfaatkan dengan baik, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” kata orang nomor satu di bumi tepo asa aroa ini.

Sementara itu, PLH Kakan ATR / BPN Morut, Maryam Hunowu, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak baik dari Pemda Morut, Pemerintah Kecamatan, hingga para Kepala Desa ( Kades) yang ada, sehingga seluruh proses tahapan pembuatan sertipikat tanah ini, bisa berjalan baik dan lancar.

Kata dia, meskipun sebelumnya banyak kendala maupun hambatan yang dihadapi saat proses tahapan pembuatan sertipikat tanah, namun semuanya bisa dilalui dengan baik. Hal itu dilakukan, dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat untuk memperoleh kepastian hukum atas aset yang mereka miliki.

“Pemberian sertipikat tanah ini merupakan salah satu tujuan dari Pemda dan juga Presiden kita, untuk dapat memberikan legalisasi aset kepada seluruh masyarakat di Indonesia, ” tukas Maryam.

Hadir dalam kegiatan itu, anggota DPRD Morut, Ikhtiarsyah, Camat Bungku Utara, Asgar Lawahe, Kapolsek Bungku Utara, Ipda Mas’ud Amara, Danramil Bungku Utara diwakili Serka Kamal Samila, para penerima sertipikat, serta tamu undangan lainnya. (Diskominfo/NAL)