Balitbang Mitra Gelar Sosialisasi Lomba Inovasi dan Teknologi

Sekda Mitra David Lalandos saat membuka Sosialisasi lomba inovasi dan teknologi

Mitra – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) melaksanakan kegiatan sosialisasi lomba inovasi dan teknologi, Rabu (08/06/2022).

Kegiatan yang berlangsung di ruangan kantor Balitbang, secara resmi dibuka oleh Sekertaris Daerah (Sekda) David Lalandos mewakili Bupati James Sumendap.

Lalandos mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu strategi untuk membawa Kabupaten Mitra lebih maju lagi, sehingga reputasi dan prestasi kian meningkat.

“Lomba inovasi dan teknologi ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya Inovasi Daerah sesuai  Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017, juga sejalan dengan surat edaran Bupati nomor 119 tahun 2022 tentang Peningkatan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Dengan Melaksanakan Inovasi Daerah, yang mewajibkan satu perangkat daerah memiliki satu inovasi,” ungkap Lalandos.

Lanjut Lalandos, melalui kegiatan ini saya memberikan suport dan penghargaan kepada Balitbang Mitra sebagai institusi daerah berdasarkan kajian ilmiah, yang sudah membuka jalan melalui lomba inovasi dan teknologi.

Terlebih, kita tahu bersama bahwa pada tahun 2021 sesuai dengan hasil penilaian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemkab Mitra dinobatkan sebagai Kabupaten Inovatif yang menempati urutan dua tertinggi se-Sulut.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh peserta agar dapat berperan aktif pada kegiatan ini, hingga mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan dan meningkatkan prestasi dari kategori inovatif menjadi Kabupaten yang sangat inovatif, kata Lalandos.

Dikesempatan yang sama, Kepala Balitbang Tommy Soleman menjelaskan, tujuan dari lomba inovasi ini untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dalam upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Bertitik tolak dari hal diatas, maka Pemerintah Kabupaten Mitra berkomitmen untuk senantiasa berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, baik Inovasi dalam bentuk tata kelola pemerintahan, Inovasi pelayanan publik, maupun inovasi lainnya sesuai dengan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah,”jelasnya.

Lanjut Soleman, kegiatan ini juga di buka secara umum. Artinya, tak hanya lomba inovasi dikalangan pemerintah saja, melainkan secara umum untuk menyerap inovasi dari seluruh lapisan elemen masyarakat.

“Khusus untuk inovasi dari masyarakat secara pribadi maupun kelompok, Pemkab Mitra melalui Balitbang telah menyiapkan anggaran untuk penghargaan bagi para pemenang lomba inovasi,” bebernya, Sembari berharap dukungan dan partsipasi seluruh warga Mitra untuk mensukseskan kegiatan ini.

Turut hadir yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini, Dr Stenly Wulur Spi Msc Phd, Dr Eva M R Mukuan Msi, serta seluruh Kepala SKPD dan Pemerintah Kecamatan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Mitra. (Vemmy)

Related posts