oleh

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, Satpom Lanud Sam Ratulangi Adakan Test Urine

-Manado-457 Dilihat

Manado-Sebagai bentuk kepedulian serta langkah antisipasi penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif lainnya (Narkoba), Satuan Polisi Militer (Satpom) Lanud Sam Ratulangi mengadakan test urine kepada seluruh personel di Lapangan Apel Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Senin (23/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan setelah apel pagi ini, dipimpin secara langsung Dansatpom Lanud Sam Ratulangi Mayor Pom Rindo Qadarsyah, S.H., bekerja sama dengan staf RSAU dr. Charles P.J. Suoth Lanud Sam Ratulangi.

Pada kesempatan itu, Dansatpom Lanud Sam Ratulangi menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi atensi pimpinan untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran, salah satunya penyalahgunaan Narkoba dan juga dalam rangka menyambut Peringatan HUT Ke-77 Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau) yang jatuh pada 1 November mendatang.

“Jangan sekali-kali berkenalan dengan Narkoba, jauhi dan dimulai dari diri sendiri menjadi agen perubahan untuk menyelamatkan generasi muda, minimal dari keluarga sendiri yang merupakan aset dan masa depan kita,” ujar Dansatpom Lanud Sam Ratulangi.

Selain test urine, juga dilaksanakan pengarahan dari Kakum Lanud Sam Ratulangi Mayor Kum Yeni Fitriana Luntungan, S.H., yang mengatakan bahwa penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu tindak pidana yang dipandang sebagai kejahatan luar biasa, di mana penanganannya mendapatkan perhatian serius dari pemerintah maupun institusi TNI.

Dampak penyalahgunaan Narkoba oleh prajurit TNI, lanjutnya, dapat merusak moral dan disiplin prajurit serta menurunkan profesionalitas kerja, sehingga dapat merugikan berbagai aspek kehidupan baik individu, keluarga, kesatuan, maupun lingkungan masyarakat.

“Apabila terbukti personel TNI menyalahgunakan Narkoba, sanksinya sudah jelas pemecatan dari dinas militer, sehingga jaga diri kita sebaik-baiknya dengan menjauhi Narkoba, karena tidak ada manfaat yang didapat apabila mengkonsumsi Narkoba,” ujarnya. (*/Mal)