Anggota DPRD Bitung Ini Akan Dipecat Jika Melanggar Tatib Lagi

Bitung, Redaksisulut – Dalam Rapat Paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bitung yang juga sekaligus mendengarkan pidato Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM ada satu keganjalan.

Pasalnya, salah satu anggota DPRD Bitung yang juga merupakan ketua fraksi Partai NasDem, Billy Glend Lomban (BGL) pada saat itu mendapat sorotan dari awak media, dimana dirinya tidak menggunakan jas yang sudah ditetapkan dalam tatib lembaga DPRD.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Bitung Nabsar Badoa saat di Konfirmasi sejumlah Wartawan saat selesai kegiatan, Rabu, (31/3/2021) menyampaikan bahwa setiap anggota DPRD wajib menggunakan setelan baju yang sudah ditetapkan dalam tatib, apalagi itu ada dalam undangan.

“Tertulis jelas dalam undangan yang diberikan, dimana semua memakai seragam yang menggunakan pin, yakni setelan jas. Itu sebenarnya salah. Kalau masalah pribadi itu tidak masalah, tetapi ini masalahnya lembaga, jadi lembaga itu perlu dihormati karena lembaga DPRD adalah lembaga terhormat yang memberikan keteladanan kepada masyarakat”. Jelas Badoa.

Ia juga mengatakan bahwa nanti kami bertiga akan rapat dimana saya akan memberikan teguran karena sudah melanggar tatib.

“Sekali lagi saya jelaskan bahwa DPRD merupakan teladan, jadi harus mengikuti aturan. Nantinya untuk BGL akan di berikan teguran pertama dimana akan kami berikan dengan lisan, kedua jika masih melanggar tatib akan diberikan teguran tertulis dan ketiga kali masih melanggar tatib, kami BK akan menyurat kepada Partai NasDem untuk memecat anggota DPRD seperti itu”. Tegasnya.

Sementara itu, BGL saat dikonfirmasi mengaku bahwa itu tidak ada unsur kesengajaan dimana dia menjelaskan bahwa dirinya baru sampai dari Manado jadi tidak sempat pulang ke rumah untuk ganti pakaian.

“Kebetulan saya dari Manado, karena sudah terlambat untuk menghadiri kegiatan Paripurna di DPRD, saya tidak sempat ke rumah untuk ganti pakaian, namun kedepan saya tidak akan mengulangi kesalahan ini. Intinya saya hadir dalam paripurna tersebut”. Katanya. (Wesly)

Related posts