oleh

Amankan Pemilu 2024, Polres Morut Gelar Apel Pasukan OMB 2023/2024

Morut-Pemilu serentak di tahun 2024, merupakan pesta demokrasi terbesar, yang akan menjadi bukti dan sejarah bagi kematangan berdemokrasi di Indonesia, sekaligus juga menjadi titik penentuan masa depan bangsa ini.

Hal itu sejalan dengan penyampaian Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), ‘ Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita akan menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita.’

Untuk mendukung hal tersebut, jajaran Polri di seluruh Indonesia, secara serentak menggelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) 2023 / 2024, termasuk Polres Morut, dipimpin langsung Kapolres Morut, AKBP Imam Wijayanto SIK MH, di lapangan Apel Polres Morut, Selasa (17/10/2023).

Hadir dalam Apel gelar pasukan OMB tersebut, Sekda Morut, Ir Musda Guntur MM, Pejabat Utama di Polres Morut, Anggota DPRD Morut, Gina Silvia Togalami, Komisioner KPU dan Bawaslu Morut, sejumlah Pimpinan OPD dijajaran Pemda Morut, Danramil 1311-03/Petasia, serta tamu undangan lainnya.

Dalam Apel gelar pasukan OMB 2023/2024 ini, Polres Morut melibatkan 217 Personil Polres dan jajaran Polsek yang ada.

Kapolres Imam, saat membacakan amanah Kapolri RI, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, diantaranya meminta kepada seluruh komponen bangsa, bisa berpartisipasi penuh dalam menyukseskan Pemilu 2024. Selain itu, pelaksanaan Cooling System dilakukan guna membangun narasi besar bagi Persatuan dan Kesatuan, serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok maupun golongan, dalam mengantisipasi polarisasi akibat berita hoax, isu SARA, propaganda firehose of falsehood, dan black campaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics serta Satgas Pemilu Damai.

Ia juga berharap, kepada seluruh peserta yang hadir, dapat meningkatkan sinergisitas dan solidaritas yang ada.

“Saya berharap, sinergisitas dan soliditas di antara seluruh Personil pengamanan dan stakeholder terkait, bisa terus terjaga dengan baik. Laksanakan tugas pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis, dan sesuai dengan SOP yang ada, ” pintanya.

“Jaga kesehatan dan keselamatan saat bertugas, semoga Pemilu 2024 khususnya di wilayah hukum Polres Morut, bisa berjalan aman, tertib dan kondusif, ” tandasnya. (Hms/NAL)