oleh

UCLG ASPAC dan Likupang Tourism Festival 2024 Sukses Digelar,Gebrakan JG-KWL Diapresiasi

Minut-Perhelatan akbar Kegiatan Executive Bureau Meeting (EBM) United Cities Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) 2024, di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis, (6/6/2024) di Paradise Hotel & Resort Likupang Timur, ajang internasional ini ditandai dengan Pemukulan tetengkoren, alat musik tradisional Minahasa oleh Bupati Minut, Presiden dan Sekjen serta para perwakilan delegasi.

Dalam perhelatan akbar ini, Ekonomi kreatif yang lahir dari ‘Deklarasi Minahasa Utara’ akan menonjolkan budaya dari setiap daerah di seluruh belahan dunia, khususnya negara-negara dikawasan Asia Pacific.

Lewat kegiatan ini bisa menyelami identitas tiap daerah dan bekerjasama untuk berbagi kesejahteraan. Kami berharap dapat melakukannya hari ini dan di masa mendatang untuk berbagi kesejahteraan bagi pemerintah daerah.

Secretary General UCLG ASPAC Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan kegiatan ini mengusung tema tema ‘Meningkatkan Pariwisata Berkelanjutan dan Ekonomi Kreatif Melalui Kolaborasi Asia Pasifik’, Executive Bureau Meeting UCLG ASPAC 2024 dimulai sejak Selasa, 5 Juni 2024.

Sesi pembukaan, kata Secretary General UCLG ASPAC Bernadia Irawati Tjandradewi, berlangsung sukses dengan penandatanganan antara UCLG ASPAC dan delegasi Guangzhou.

“Deklarasi Minahasa Utara yang akan ditetapkan bersama di dalamnya adalah mempromosikan pariwisata berkelanjutan yang bertanggung jawab. Contoh kecilnya seperti kebersihan lingkungan yang bersih dan terjaga akan menarik lebih banyak turis,” kata Bernadia.

Dikatakannya, sebagai tuan rumah Ia mengapresiasi kepemimpinan Joune Ganda dan Kevin Lotulung di Minahasa Utara.

“Karena nilai utama dari Minahasa Utara adalah kebijaksanaan dan keindahan yang harus dijaga bersama,” kata Bernadia.

Sementara itu, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mengatakan, terpilihnya Minahasa Utara sebagai tuan rumah EBM UCLG ASPAC adalah langkah penting dalam promosi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang merupakan salah satu Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

“Kehadiran para delegasi dan investor menunjukkan perhatian dunia internasional terhadap Minahasa Utara,” kata Ganda.

Pemerintah Provinsi Sulut mengapresiasi dan mensupport penuh pelaksanaan Executive Buereau Meeting UCLG ASPAC pertama 2024 di Minut yang digelar bersamaan dengan ajang Likupang Tourisme Festival ke-4 tahun 2024.

”Pak Gubernur Olly Dondokambey menyatakan kagum kemampuan Bupati Minut Joune Ganda berhasil menjadikan Minut sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan kelas dunia seperti UCLG ASPAC 2024.” ucap Wakil Gubernur Steven OE Kandouw dalam acara Opening Speac yang dihadiri para delegasi yang hadir.

Wagub Steven Kandouw menuturkan kehadiran para delegasi dari 10 negara di Asia Pacific ini, bakal menjadi pintu masuk yang strategis bagi kemajuan daerah se-Sulut khususnya Minahasa Utara.

”Selamat datang bagi seluruh delegasi, semoga enjoy menikmati keindahan pariwisata di Minut” ujar Wagub Steven Kandouw.

Sementara itu, pada Jumat 7 Juni 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, memberikan pujian kepada Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, saat menutup acara UCLG ASPAC dan Likupang Tourism Festival (LTF) 2024 di Hotel Casabaio Paradise.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemkab Minut terus menggelorakan Kabupaten Minahasa Utara sebagai DPSP. “Tahun depan kita akan kembangkan lagi,” ungkapnya.

 

Sandiaga Uno juga memuji kehebatan Bupati Joune Ganda yang berinisiatif melobi langsung ke China untuk mengadakan acara UCLG ASPAC ini.

“Saya sangat mengapresiasi karena Pak Bupati sendiri yang pergi ke China untuk melobi kegiatan ini,” katanya.

Menurut Sandiaga, langkah yang dilakukan Joune Ganda ini seharusnya menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah lainnya untuk menarik acara besar dunia. “Kami sangat mengapresiasi UCLG, ini adalah sebuah sejarah,” ujarnya.

Sandiaga menambahkan bahwa ada komitmen dari 200 peserta dari berbagai negara untuk mendukung pariwisata.

“Ijinkan saya atas nama pemerintah pusat, menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam UCLG ASPAC,” katanya.

Menparekraf juga menekankan pentingnya adaptasi dan kolaborasi untuk dampak ekonomi yang lebih baik. “Teruslah beradaptasi dan berkolaborasi. Semoga ini berdampak pada ekonomi bagi Kabupaten Minahasa Utara. Ekonomi Pulih, Masyarakat Semakin Berdaya,” tutup Sandiaga Uno. (T3/Advetorial)