oleh

DPRD Gelar Sosialisasi Program Pembentukan Perda Kota Tomohon Tahun 2024

Tomohon- Dewan Perwakian Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon menggelar Sosialisasi Program Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Kota Tomohon Tahun 2024, kepada konstituen di setiap kecamatan di Kota Tomohon, yang digelar Sekretariat DPRD Kota Tomohon.

Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE memaparkan kegiatan Sosialisasi Pembentukan Peraturan Daerah  ini kepada masyarakat di Kelurahan Lansot, Tumatangtang dan Walian, Jumat (8/12/2023).

Sosialisasi yang dilangsungkan di Berkat Villa 2 dan menghadirkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakot Tomohon Drs O.D.S Mandagi, juga sebagai narasumber.

Para Wakil rakyat ini, memaparkan bahwa sosialisasi harus benar-benar dipahami karena hal ini terkait kepentingan umum masyarakat luas.

Berikut kegiatan sosialisasi yang di laksanakan oleh Anggota DPRD Kota Tomohon :

Di awali Johny Runtuwene selaku Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon dan di hadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. O.D.S. Mandagi, M.A.P. melakukan Sosialisasi kepada konstituennya di Kecamatan Tomohon Utara (Tomut), bertempat di Terung Tete Kelung Kakaskasen Kota Tomohon, Jumat (8/12/2023).

Dan untuk Kelurahan Kinilow dan Kinilow 1, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon, Erens D. Kereh, AMKL, di dampingi Bagian Hukum Setda Kota Tomohon, Sendy H.M. Roeroe, S.H.

Di Kecamatan Tomohon Selatan Anggota DPRD Kota Tomohon, Ir. Miky J.L Wenur, MAP. dan di hadiri Asisten Pemerintahan dan  Kesra, Drs. O. D. S. Mandagi, MAP

Untuk Kecamatan Tomohon Selatan Anggota DPRD Kota Tomohon,Noldie V. Lengkong dan di hadiri Bagian Hukum Setda Kota Tomohon Bpk. Noelbert Rumajar, SH.

Kecamatan Tomohon Timur, Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Anggota DPRD Kota Tomohon Ibu Cherly Mantiri, SH dan di dampingi Kabag Hukum Setda Kota Tomohon Berny Mambu, SH.,MH.

Kelurahan Kolongan,Narasumber dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Kota Tomohon, Donald Pondaag dan Kabag Hukum Setda, Berny Mambu, SH, MH.

Di Kelurahan Rurukan dan Rurukan Satu Narasumber dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Kota Tomohon Hudson Bogia dan di hadiri Kepala Bagian Hukum Berny R. Mambu, SH.

Kelurahan Wailan, Narasumber dalam kegiatan ini Anggota DPRD Kota Tomohon Ibu Julianita S.C Wongkar,B.Bus,M.Comm dan di hadiri dari Bagian Hukum Setda, Sendy Roeroe,SH.

Kecamatan Tomohon Utara, Narasumber dalam kegiatan ini  Anggota DPRD Kota Tomohon Ibu Ladys Turang, SE dan Anggota DPRD Kota Tomohon Toar Polakitan, SE.

Kelurahan Woloan satu utara, Taratara, Taratara satu, Taratara dua, Narasumber dalam kegiatan ini Anggota DPRD Kota Tomohon Stanly Wuwung ST dan Anggota DPRD Kota Tomohon Ibu. Priscilla Tumurang.

Sedangkan di Kecamatan Tomohon Utara, Narasumber dalam kegiatan ini,Anggota DPRD Jimmy Wewengkang dan Anggota DPRD Stanly Wuwung,ST.

Kelurahan Talete Satu, Narasumber dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Kota Tomohon Christo B. Eman, SE, di dampingi dari Bagian Hukum Rolando Ngenget, SH.

Di Kecamatan Tomohon Utara, Narasumber Anggota DPRD Kota Tomohon Ibu Jenny Sompotan bersama Anggota DPRD Kota Tomohon Stanly Wuwung ST.

Di Kelurahan Paslaten Satu, Narasumber dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Ibu Siane J. Samatara, S.E dan Rolando Ngeget, SH., Mh.

Kelurahan Pinaras dan Tumatangtang satu, Narasumber dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Kota Tomohon Ibu Priscilla G.M.Tumurang dan dari Bagian Hukum Setda Sendy H.M. Roeroe,SH.

Kelurahan Kinilow Satu, Narasumber Anggota DPRD Kota Tomohon Toar Polakitan, SE, dan dari Bagian Hukum Setda Kota Tomohon, Noelberd Rumajar, SH.  

Diketahui, sosialisasi ini merupakan kesempatan eksekutif dan legislatif, Jadi prosesnya bertahap yakni pembahasan sampai pada rancangan untuk menyampaikan kepada masyarakat.

Hal ini merupakan manifestasi sinergi antara DPRD dan pemerintah kota Tomohon. Di samping itu juga ini adalah fungsi salah satu hal yang melekat di lembaga DPRD.  Ada tiga fungsi utama yaitu fungsi pengawasan fungsi anggaran dan fungsi pembentukan Perda dulu, yaitu yang di kenal dengan istilah fungsi legislasi. (Advetorial)