oleh

Dinas PMD Sitaro Minta Masyarakat Ikut Awasi Dana Desa

Sitaro-Seiring dengan bergulir nya Program Reformasi desa, yang di canangkan oleh pemerintah pusat lewat Kementerian Desa Tertinggal, dana desa merupakan salah satu instrumen dalam memajukan desa- desa, secara berkelanjutan dan terarah dengan baik itu sudah terjabarkan sampai ke pelosok NKRI melalui regulasi yang jelas.

Hal itu di katakan Kepala Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Sitaro melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa,Agus Tambeke S.Pi,bertempat di ruang kerjanya, Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, betapa penting para Kepala Desa memahami penuh Tugas Pokok dan Fungsi (tupoksi) penggunaan dana desa serta partisipasi atau peran masyarakat memahami dalam pemanfaatan dana desa secara efektif dan efesien.

“Dalam penggunaan dana desa, partisipasi dan peran masyarakat sangat di butuhkan dalam kemajuan pembangunan di desa,”Ujar Tambeke.

Dijelaskan Tambeke, adapun dana desa tersebut dalam penggunaannya melalui penyusunan RKPdes, yakni  “Alokasi Dandes yang di berikan oleh pemerintah pusat  kepada Pemerintah desa untuk mendukung pembangunan desa, memiliki tujuan di berbagai sasaran (segmantasi) dan pencampaiannya.”Tukasnya.

Adapun penggunaan dana desa bertujuan mendorong pembangunan keberlanjutan di desa,meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, mengurangi kesenjangan  antara daerah  perkotaan  dan daerah pedesaan Prioritas  penggunaan dandes tahun 2024, berdasarkan arahan pemerintah pusat ,seperti pembangunan dasar (jalan irigasi) pendidikan kesehatan , pertanian dan pengembangan  ekonomi lokal.

Menyoroti pentingnya memilih prioritas yang sesuai kebutuhan desa, potensi yang mendukung pembangunan Pembangunan pendidikan misalnya, bagaimana dana desa bisa di gunakan untuk meningkatkan akses kualitas pendidikan di desa.

Program-program  pendidikan  yang bisa di jalankan dengan dana desa, seperti pembangunan atau perbaikan sekolah, penyediaan buku, alat sekolah, pelatihan guru dan pemberian beasiswa, penigkatan kesejahtraan tenaga guru.

Program pentingnya peningkatan dandes pada  kualitas layanan  kesehatan Poskesdes, obat obatan dan sanitasi lingkungan program imunisasi dan penyuluhan kegiatan posyandu, pengembangan pertanian dan ekonomi lokal.

Pengembangan sektor pertanian dan ekonomi lokal yang bisa di jalankan oleh dana desa bantuan atau penyaluran benih unggulan pertanian ,pelatihan para petani, Pengembangan pasar lokal dan dukungan  usaha mikro kecil dan menengah.

Dalam Proses perencanaan sampai pelaksaanan program hendak nya terarah dengan baik, patuhi sistem kelola keuangan desa yang baik  bagi para kepala desa dan pelibatan dan keterlibatan semua pihak membantu dan mengawasi dan mendorong dilaksanakan  program pembangunan desa  agar semua peruntukannya menjadi tepat sasaran dan masyarakat desa merasakan manfaat dari pengelolaan dana desa ini. (heri)