Wabup Lasena Minta Jaga dan Rawat Pasar Rakyat Desa Saleo

Bolmut – Pasar Rakyat Desa Saleo, Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang dibangun pada tahun anggaran 2019 berbandrol 1,3 M dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk infrastruktur perdagangan resmi dioperasikan. Hal ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penanaman pohon oleh Wakil Bupati Bolmut Drs. H. Amin Lasena, MAP di area pasar tersebut. Selasa, (21/01/2020).

Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmut melalui Wakil Bupati menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat khususnya Kementrian Perdagangan, dan ucapan terima kasih kepada Dinas terkait yang sudah mengawal dan memfasilitasi pembangunan serta masyarakat Kecamatan Bolangitang Timur lebih khusus Desa Saleo yang telah mengawasi dan menjaga pasar ini.

“Pasar ini dimiliki oleh rakyat maka harus dimanfaatkan dengan baik oleh rakyat dirawat, dijaga kelestariaanya, dan kriteria pertama pasar itu harus bersih”, Pesan Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan bahwa kita berada pada era persaingan ekonomi yang ketat, maka pasar harus merubah tampilannya terlihat bersih dan bila perlu bukan hanya menjadi pasar mingguan, akan tetapi bisa menjadi pasar harian karena terletak di lokasi jalur Trans Sulawesi.

Selain itu keberadaan pasar ini bisa menjadi suatu wadah pendorong penggerak majunya ekonomi di Kab. Bolmut, maka upaya positif ini harus disambut baik oleh seluruh masyarakat untuk dijaga dan layak digunakan sampai seterusnya.

“Kepada pedagang patuhilah aturan dan kaidah pasar yang sehat, jaga keamanan, kebersihan dan bayarlah kewajiban untuk retribusi sebagaimana diatur pada Perda No 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum”, tegas Wabup.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perdaginkop dan UKM) Dra. Hj. Leida Pontoh kemudian menyampaikan pembangunan pasar ini bertujuan menumbuh kembangkan perekonomian dan pendapatan masyarakat, khususnya dalam sektor perdagangan, lebih khusus lagi bagi para pelaku usaha agar mempunyai sarana dan fasilitas yang lebih representative untuk menjalankan usahanya.

Kadis juga menyampaikan kurang lebih 60 pelaku usaha atau pedagang yang telah mendaftarkan diri kepada Sangadi Desa Saleo untuk menggunakan fasilitas di pasar tersebut.

Turut hadir Wakil Ketua PKK Kab. Bolmut, Unsur Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, para Pimpinan Perangkat Daerah, para sangadi, para Tokoh Masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat. (*/JM)

Related posts

Leave a Comment