Terkait TKA di PT CNSC,Warga Pertanyakan Kinerja Disnakertrans Bolmong

Lolak – Kehadiran perusahaan PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC) di Desa Solog Kecamatan Lolak, Bolaang Mongondow, yang mempekerjakan ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA), apalagi diduga TKA tersebut belum memiliki Visa Kerja,menjadi pertanyaan bagi warga terhadap Kinerja dan fungsi pengawasan dari instansi terkait terhadap para pekerja Asing.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sendiri saat di konfirmasi media ini, Rabu (15/1/2020) lalu, terkait persoalan tersebut melalui Kepala Dinas Ramlah Mokodongan, selalu tidak berada di tempat.

“Ibu ada keluar, lagi urusan Dinas,” ungkap salah satu stafnya yang tak mau di sebutkan namanya.

Begitu juga melalui Sekretaris Disnakertrans tidak berada di tempat. Sehingga hal ini patut di pertanyakan soal pelayanan yang di berikan kepada masyarakat.

Berdasarkan data yang ada di kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kotamobagu. Jumlah tenaga kerja asing yang ada di PT Chonch itu 134 orang, terdiri dari 114 orang sebagai pekerja di PT Chonch. 18 orang di PT MMC 17 dan 2 orang di PT Sungai Samudera. Dua perusahaan terakhir itu merupakan perusahaan sub kontraktor di PT Conch.

Dan Kemungkinan data tersebut merupakan data tahun 2016 dan 2017 lalu. Karena di duga tahun 2019 jumlah pekerja asing bisa bertambah 550 pekerja asing bahkan lebih. (JM)

Related posts

Leave a Comment