Raih Nilai B, Bupati Sumendap : Kualitas Kinerja Birokrasi di Mitra Semakin Baik

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, SH. menerima Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019, diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo di Jogjakarta.

Acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 Wilayah III yang meliputi, Provinsi D.I. Jogyakarta, Jawa Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat, bertempat Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/02/2020) yang dibuka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyampaikan, apresiasi yang tinggi kepada seluruh Pemerintah baik itu, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Telah melakukan upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi. Namun Tjahjo Kumolo pun berharap, semua kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan semua perangkat daerah tetap terus berupaya mengoptimalkan penerapan SAKIP dengan baik.

“Saya berharap, Efisiensi harus dibangun secara sistematik bukan melalui kebijakan temporal dan tidak berkelanjutan. Efisiensi tidak cukup hanya dengan memotong anggaran pada pertengahan tahun berjalan, sebagaimana praktek yang selama ini terjadi” ujar Tjahjo Kumolo yang juga mantan Mendagri.

Kabupaten dan Kota di Wilayah III ini, Menteri Tjahjo Kumolo sangat berharap, para Gubernur, Bupati, Walikota serts Sekertaris Daerah di seluruh Indonesia. Agar lebih fokus lagi, serta lebih serius dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan berorientasi pada hasil.

“Kita harus diingat SAKIP itu untuk kepentingan masyarakat, bukan hanya kepentingan pemerintah semata,”tegas Politisi PDI Perjuangan.

Sementara itu Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH saat dilokasi acara menyampaikan, penilaian Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Tahun 2019, Kabupaten Minahasa Tenggara memperoleh nilai B.

“Kualitas pembangunan kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintah yang berorentasi hasil pada Pemkab Mitra telah menunjukkan hasil yang baik. Namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut, karena itu berbagai upaya akan terus dilakukan, agar ditahun-tahun mendatang nilai SAKIP bisa naik. Kalau daerah lain bisa, Mitra juga harus bisa,” ungkap Bupati James Sumendap yang turut di dampingi oleh Pj. Sekretaris Daerah David H. Lalandos,AP.MM., Kepala Bappeda DR. Grace Oroh, Kabag Organisasi DR. Ridwan, MAP, Kabag Umum Setdakab Arce Kalalo, SH, Irban Ir. Sonny Silvanus, Kasubag TUP Judistira Kandow, SSTP dan Aspri Bupati Morthen Kawulusan.

Sementara itu Penjabat Sekretaris Daerah David H. Lalandos, AP. MM menambahkan, sesuai PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabiitas Kinerja Instansi Pemerintah, maka ada 5 (lima) indikator yang dipakai untuk penilaian Sistem Akuntabiitas Kinerja Instansi Pemerintah yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja, serta tujuan dari evaluasi ini adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran, mewujudkan pemerintahan yang berorentasi kepada hasil serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan. Karena itu kepada seluruh kepala Perangkat Daerah untuk berkomitmen dan bergerak cepat secara bersama untuk melaksanakan 5 (lima) indikator yang menjadi penilaian atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

“Wajib bagi kepala perangkat daerah untuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang terintegrasi dengan program kegiatan yang ada di masing-masing perangkat daerah” kata Pj. Sekretaris Daerah David Lalandos, AP. MM. (Rusly)

Related posts

Leave a Comment