Masyarakat Lingkar Tambang Mitra Apresiasi Arahan Bupati Sumendap

Ratahan – Valdy Suak, Ketua Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Kabupaten Minahasa Tenggara,berterima kasih atas arahan pemerintah dalam hal ini Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap.

Kepada media ini, Bupati Mitra James Sumendap menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mempersulit masyarakat tapi harus tahu aturan dan silakan mengurus semua persyaratan yang berlaku karena negara ini punya aturan sesuai dengan undang-undang.

“Intinya urus semua kelengkapan, kita akan bantu tetapi saya tegaskan agar tidak menggunakan merkuri, dan tidak melakukan penambangan di area kebun raya atau di lokasi penghijauan eks Newmount ,” tegasnya dalam dialek Manado.Rabu, (18/03/2020).

Arahan Bupati tersebut di apresiasi positif oleh Masyarakat Lingkar Tambang dengan mengurus perijinan yang sudah di atur sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Kami akan ikut arahan Bupati, kami tau semua ini karena kepadulian Bupati kepada kami masyarakat,” ujar Valdy Suak.

Menurutnya, untuk perijinan ditahap Kabupaten sudah sebagian selesai. “Akta Loperasi dan pengesahan Kemenkumham sudah ada. Di perijinan satu pintu juga sudah selesai,”akunya.

Suak juga menjelaskan bahwa sesuai arahan Bupati Minahasa Tenggara, pihaknya akan pergi ke Dinas Kehutanan. “Kita tinggal ke Dinas Kehutanan, kemudian kita kembali ke Kabupaten lagi. Intinya sudah 90 persen pengurusan dan sementara berproses. Itu semua berkat kepedulian Bupati kepada kami sehingga kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan aktifitas sesuai aturan yang berlaku (legal)” ucapnya .

Suak juga mengajak agar masyarakat penambang untuk menahan diri. “Jangan ada yang bersikap anarkis dan lain-lain. Pemerintah sedang membantu kita semua, dan sebelum ijin keluar, kita jangan dulu beraktivitas. Kan pengurusan sudah hampir selesai,” ungkapnya.

Disamping itu Valdy Suak mengingatkan kepada penambang agar supaya memperhatikan lingkungan yang ada jangan merusak hutan, keselamatan lingkungan yang terpenting. (Rusly)

Related posts

Leave a Comment