Kunker ke Aceh Timur, Rombongan Bupati Mitra Disambut Panglima GAM

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH,bersama sejumlah pejabat pemkab Mitra, melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh, Senin (7/10/2019).

Rombongan yang di pimpin langsung oleh Bupati Sumendap diterima langsung oleh panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) (Rocky). Panglima tersebut saat ini memangku jabatan sebagai Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib, didampingi oleh Sekretaris Daerah, HM Ikhsan Ahyat, bersama para kepala OPD lainnya.

Kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dibawah pimpinan sang “Gladiator”, memilih Kabupaten Aceh Timur untuk dikunjungi dikarenakan adanya kesamaan kondisi geografis serta potensi pertanian dan perkebunan antara dua daerah ini. Selanjutnya Bupati Sumendap mengapresiasi pertemuan dengan Panglima GAM karena melalui pertemuan ini bisa terjalin kerjasama di bidang pertanian, lebih khusus untuk pengembangan kelapa.

“Pertemuan ini semoga akan terjalin kerja sama yang baik dalam pengembangan komoditi kelapa,karena komoditi ini banyak keunggulannya serta manfaatny. Sehingga dapat membantu para petani dalam menggerakan pertumbuhan ekonomi di Minahasa Tenggara, lebih khusus untuk produksi kelapa yang menjadi salah satu produk andalan di bidang pertanian” sebut Bupati Sumendap.

Bupati Sumendap juga mengapresiasi atas keberhasilan pembangunan yang dilakukan Pemdrintah Kabupaten Aceh Timur, dimana strategi birokrasinya berhasil membawa Aceh Timur maju dan berkembang.

Dalam pertemuan dan dilanjutkan dengan diskusi Kedua Kepala Daerah ini saling mengagumi serta membahas persoalan dan capain pembangunan yang dicapai oleh kedua daerah.

“Saya kagum dengan leadership Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib, yang merupakan Panglima GAM (Rocky) Aceh Timur ini dalam membangun Daerah yang dipimpinnya,”puji Bupati Sumendap saat diskusi.

Selain itu, Bupati Sumendap menilai, Aceh Timur merupakan kabupaten unik yang terletak di bagian ujung barat Indonesia.

“Ini adalah Kabupaten unik yang terletak di paling barat bagian Indonesia, Kita telah melihat langsung capaian kesuksesan bupati dalam membangun,Kita akan belajar di sini karena di sini ada dasar-dasar pola pembangunan daerah yang strategis,” ucap Bupati Sumendap.

Dari pertemuan yang telah dilakukan antara dua daerah ini Bupati Sumendap secara khusus mengundang Bupati Aceh Timur beserta pejabat si lingkup pemerintahan Aceh Timur untuk dapat berkunjung ke kabupaten Minahasa Tenggara.

Bupati Aceh Timur mempromosikan daerahnya di depan rombongan bahwa saat ini pembangunan di Aceh Timur sudah berjalan dengan baik dan aman untuk dikunjungi.

Bupati Thaib juga menyambut dengan selamat datang kepada rombongan Bupati Minahasa Tenggara ke Pemkab Aceh Timur. Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Aceh Timur sudah berkembang dengan baik dan menjadi daerah yang cukup ideal untuk dikunjungi serta berinvestasi karena kondisi kamtibmas yang kondusif.

“Saat ini jika ada yang ingin berkunjung di Kabupaten Aceh Timur tidak usah takut karena kondisi kamtibmas di Aceh Timur kondusif,” tutup Bupati Aceh Timur.

Dirinya kemudian menyambut baik kedatangan Pemkab Mitra yang ingin melihat langsung dan ingin bekerjasama dalam bidang pertanian, dalam hal ini pengembangan kelapa.

Turut mendampingi Bupati pada kunjungan tersebut, Asistem Tiga Drs Frits Mokorimban, Kadis Capil It Elly Sangian, Kepala Inspektorat, Kabag Barjas Budi Raranta, Kadis PU Rommy Ole ST, Sekwan Mitra Drs Piether Owu, Staf Ahli Roy Lumengas, serta kabag Risala Sekretaris DPRD Esra Sengkey. (*/ Rusli-M)

Related posts

Leave a Comment