KPU Mitra Akan Rekrut Calon Anggota PPS

Ratahan – Setelah melakukan koordinasi terkait keamanan Pilkada Serentak 2020, kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akan merekrut calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Mitra Wolter Dotulong mengatakan, semua kegiatan tersebut merupakan persiapan menghadapi Pilkada Provinsi Sulawesi Utara 2020.

Bahkan kata dia, secara resmi pendaftaran PPS bakal dibuka 18-24 Februari 2020 mendatang.

“Kini kami akan melakukan pendaftaran PPS. Pengumuman resmi akan dilakukan pada 15-17 Februari 2020. Baik melalui media sosial, laman website KPU Mitra serta penempelan pengumuman langsung di masing-masing kelurahan atau desa,”Ujarnya, Sabtu (15/02/2020) kemarin.

Pria yang akrab disapa Wolter ini mengatakan, perekrutan bersifat terbuka, Jadi siapapun bisa menjadi PPS.

“Tentu kami berharap dari bapak/ibu yang mewakili desa atau kelurahan, siapapun petugas-petugas PPS, nanti itulah orang-orang yang mengenal desanya dan dikenal juga oleh perangkat desa,” katanya.

Lanjut Dotulong, proses seleksi baik tes tulis maupun wawancara dilaksanakan hingga bulan depan.

Pelantikan PPS dijadwalkan pada 22 Maret 2020.

Adapun masa kerja PPS mulai 23 Maret 2020 hingga 30 November 2020.

“Jadi kami juga ada penelitian administrasi pada 25-27 Februari 2020 mendatang. Setelah itu baru dilakukan tes selanjutnya,” ungkapnya.

Tidak hanya merekrut PPS untuk masing-masing desa dan kelurahan, KPU Mitra juga merekrut Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

“Petugas PPDP satu orang per TPS (Tempat Pemungutan Suara).Terkait pemutakhiran data pemilih KPU Kabupaten Minahasa Tenggara akan berkoordinasi dengan kelurahan maupun desa,” pungkasnya. (Rusly)

Related posts

Leave a Comment