Kodim 1302/Min Gelar Latihan Perkemahan Bhakti Pramuka Saka Wira Kartika Di Ratatotok

Ratahan, – Hari pertama Latihan Perkemahan Bhakti Pramuka (Praja Muda Karana) Saka Wira Kartika (SWK ) Komando Distrik Militer ( Kodim ) 1302/Minahasa yang digelar di Bumi Perkemahan Desa Ratatotok Kec. Ratatotok Kab. Minahasa Tenggara ( Mitra ) pada Jumat sore 25/10/19 pukul 16.00 wita, diikuti Peserta dari Siswa/i Sekolah Tingkat SLTA ( Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ) se Kab. Mitra serta perwakilan Sekolah SLTA dari Kab. Minahasa Selatan ( Minsel ), Kab. Minahasa dan Kota Tomohon.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari mulai Jumat 25 Oktober s/d Minggu 27 Oktober 2019 tersebut, diselenggarakan oleh Satuan kodim 1302/Minahasa, dan yang menjadi Koordinator Latihan Kapten Inf Juris Sahese selaku Perwira Seksi Teritorial ( Pasi-Ter ) Kodim serta Wakil Koordinator Latihan Pembantu Letnan Satu ( Peltu ) Lafajar Bin Lamunu selaku Bintara Tinggi Perlawanan Wilayah ( Batiwanwil ) Kodim.

Pelda Jhony Runtuwene selaku Komandan Koramil ( Danramil ) 1302-12/Belang pada kegiatan tersebut, bertindak sebagai Koordinator Pengamanan selama pelaksanaan Kegiatan Latihan dan yang menjadi Pendamping serta Pelatih Para Peserta Latihan adalah Personil Jajaran Kodim 1302/Minahasa yang berkompiten di bidang Kepramukaan SWK.

Dalam rangkaian kegiatan Latihan, Peltu Lafajar Bin Lamunu yang juga termasuk salah satu Kakak Pembina Pramuka SWK Kodim 1302/Minahasa, pada malam harinya mengisi Kegiatan dengan memberikan Materi Pelajaran tentang Ilmu Medan kepada Adik-Adik Pramuka Peserta Latihan, diantaranya tentang cara menghitung Jarak Peta dan Jarak Medan serta cara mencari Kedar atau Skala di Peta.

Saat Pemberian Materi tentang Ilmu Medan yang juga termasuk salah satu Pelajaran di Pendidikan Kemiliteran, Tampak tersirat sikap Antusias dan ingin tahu diraut wajah Para Peserta serta bersemangat dalam mengikuti Kegiatan Latihan Perkemahan Bhakti Pramuka SWK Kodim 1302/ Minahasa yang belum tentu didapatkannya di Sekolah masing-masing Peserta.

Peltu Lafajar Bin Lamunu saat ditemui Tim Media Center Kodim 1302/Minahasa pada kegiatan itu mengatakan, “bahwa Ilmu Medan yang kami perkenalkan kepada Adik-Adik Pramuka pada malam ini sebagai tambahan Ilmu bagi mereka serta bekalnya besok bilamana mereka nantinya ada keinginan untuk bergabung menjadi Tentara Nasional Indonesia ( TNI ), Ucapnya.

Lanjut Peltu Lafajar, Dan kegiatan lainnya masih banyak lagi yang akan kami ajarkan kepada Adik-Adik Pramuka, baik dalam membina Mental dan Disiplin mereka serta menjalin Kekompakan dan Hubungan Kekeluargaan dalam memecahkan suatu Persoalan secara bersama-sama, Ungkapnya.

Lebih lanjut Peltu Lafajar mengatakan, Mereka inilah Generasi Penerus Bangsa, karena baik buruknya Negara Indonesia ini nantinya ada dipundak mereka, untuk itu dalam mendidik dan membina mereka adalah tanggung jawab kita bersama sebagai Kakak ataupun Orang Tua mereka, “Pungkasnya. (Rusly_M)

Related posts

Leave a Comment