Gerakan Cinta Bumi, Bupati Sumendap : Saya Siap Ditegur Oleh Kementerian

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH,bersama jajaran menggelar acara penghijauan dengan melakukan penanaman pohon dalam rangka mewujudkan gerakan cinta bumi dilokasi pertambangan ilegal perkebunan Alason Ratatotok.Senin (09/03/2020).

Kepada Gubernur Sulawesi Utara Bupati  Sumendap memberikan laporanya, bahwa lokasi pertambangan yang ada di perkebunan Alason dengan luas lahan ada sekitar 30 hektar telah rusak oleh pertambangan ilegal.

“Rusaknya hutan dan perkebunan di karenakan para penambang ilegal menggunakan alat berat sehingga kondisinya seperti ini, dan ini adalah bagian yang terkecil yang saya tunjukan kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,”ujar Bupati Sumendap.

“Kami tidak melarang, kami tidak anti investasi, tetapi tapi marilah kita taat aturan dan patuh pada perundang-undangan terkait lingkungan dan kami mohonkan kepada bapak Gubernur agar mereka dapat mengurus ijin pertambangan.” tambah Bupati Sumendap.

Di katakan Bupati,pertambangan terdiri dari dua pertambangan rakyat atau skala besar, IUP itu adalah pertambangan dengan menggunakan alat tradisional dan juga skala besar dengan menggunakan alat seperti ekxavator dan alat lainnya.

“Perlu kami sampaikan, kerusakan perkebunan di wilayah Alason ini setelah saya mendapatkan laporan dari Hukum tua bahkan dari Camat, bahwa ada sekitar 30 hektar yang sudah rusak seperti ini.”jelas Bupati Sumendap.

Oleh karena itu mengawali kegiatan ini dengan dicanangkan oleh ibu Megawati Sukarno Putri (Presiden RI ke-5) dengan gerakan cinta bumi, saya ketua DPC PDIP yang juga selaku Bupati Minahasa Tenggara berkewajiban untuk mengsukseskan program ini.

“Kami tidak anti investasi karena pada kenyataan pertambangan yang ada di perkebunan Ratatotok ini dan hutan sebagiannya ada ijin, ada 5 ijin resmi, empat sedang malakukan eksplorasi dan yang satu sudah melakukan eksploitasi dan tempat ini adalah ilegal.”tutur Bupati Sumendap.

Oleh sebab itu saya minta dukungan dari Gubernur Sulut, jikalau kita melakukan dengan cara gali dalam tanah selama 5 tahun dengan pekerja 20 ribu orang tidak akan hancur seperti saat ini.

“Saya dapat kabar dari Pak Kapolres Mitra, Pak Kapolda sudah meminta untuk di polis line semua, semua tambang tambang ilegal, Tuhan memberkati Pak Kapolda dan pak Kapolres, “ujar Bupati Sumendap.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kita tidak akan henti hentinya masyarakat Mitra, jajaran pemerintah, tokoh masyarakat, toko Gereja untuk akan melakukan gerakan menanam cinta bumi ini setiap 2 bulan sekali, dan saya siap di tegur oleh Kementrian untuk meliburkan setiap 2 bulan sekali dalam melakukan gerakan cinta bumi yang di cetuskan oleh ibu Megawati Sukarno Putri.

“Kehadiran dalam penanaman pohon sesuai laporan ada sekitar 11 ribu orang yang hadir dan tersebar di beberapa lokasi ini, karena dihadiri oleh seluruh perangkat Desa, ASN, BPD dan Toko-toko masyarakat dan lingkungan, dengan menanam satu orang satu pohon. “tutup Bupati James Sumendap.

Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, saya pikir pertambangan yang ada saat ini seperti yang berada di tempat lain masih milik rakyat, ternyata baru saya lihat ini sudah menjadi pertambangan ilegal.

“Pada acara pisah sambut Kapolda waktu lalu, saya sudah sampaikan kepada pak Kapolda bahwa pertambangan di Sulut masih pertambangan rakyat, karena dari tahun 1917 Sulut sudah menjadi tempat pertambangan, jadi sampai hari ini rakyat masih bertambang secara tradisional, namun saya juga kaget ketika masuk sudah bukan lagi rakyat yang kerjakan.” ucap Gubernur Olly.

Gubernur Olly katakan seperti apa yang disampaikan Bupati tadi bahwa pemerintah tidak anti investasi, tetapi kalau mau investasi disini harus sesuai dengan prosedur.

“Jikalau masyarakat ingin bertambang silakan dengan membentuk satu lembaga bikin koperasi bersama-sama dan pemerintah akan mengsuport kegiatan  ini dan juga orang mau berinvestasi harus mengurus ijin agar supaya pemerintah juga mendapatkan manfaat dari investasi yang ada.” ujar Gubernur Olly seraya menghimbau kepada masyarakat  yang berada di hutan sekitar Alason manfaatkan dengan benar untuk kehidupan kita kedepan dan kita harus jaga betul kelestarian alam kita manfaatkan nilai ekonominya. (*/Rusly)

Related posts

Leave a Comment