Dinas Pertanian Mitra Lakukan Proses IB Bagi Ternak Sapi

Ratahan – Bupati Minahasa Tenggara melalui Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Minahasa Tenggara Fero Worang, turun langsung melakukan Proses Inseminasi Buatan (IB) Hewan Ternak Sapi. Selasa (3/3/2020) kemarin.

Tujuan dari pada Inseminasi Buatan menurut Fero Worang yaitu  yang utama yakni meningkatkan mutu ternak lokal terlebih peningkatan produksi yang nantinya mempercepat peningkatan populasi ternak yang ada.

”IB juga bisa menghemat pejantan serta mencegah penularan penyakit kelamin akibat perkawinan alam, sehingga produktifitas bisa meningkat,” terang Worang.

Ditambahkan Worang, bahwa hal ini adalah program pemerintah untuk melakukan langsung IB ternak sapi khususnya di desa Liwutung Dua Kecamatan Pasan. IB ini memiliki berbagai keuntungan seperti peternak tidak perlu lagi memelihara sapi pejantan sehingga meminimalisir biaya pemeliharaan dan bisa fokus di indukan.

” Dengan cara ini peternak bisa langsung menghubungi inseminator di daerah dan bisa menentukan jenis bibit yang diinginkan serta bisa mengatur jarak beranak ternak dengan baik,” ungkap worang

Lebih lanjut dikatakannya, IB ini juga menindaklanjuti program kementrian Pertanian yang dinamakan SIKOMANDAN qtau Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri. (*/Rusly)

Related posts

Leave a Comment