Bupati Sumendap Minta Peran Pramuka Tanamkan Hal Positif Bagi Generasi Muda

Bupati Mitra James Sumendap bersama Ketua Kwarcab Djein Leonara Rende

Ratahan – Bupati Mitra James Sumendap SH, meminta peran dari gerakan Pramuka di Minahasa Tenggara, dapat menanamkan hal-hal positif bagi para generasi muda di daerah tersebut khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Keberadaan gerakan pramuka, kepanduan, sangatlah penting membentuk akhlak generasi muda. Pramuka harus berperan dalam hal tersebut,” kata Bupati Sumendap pada pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabimcab), dan pengurus Kwarcab Pramuka Minahasa Tenggara .

Ia mengungkapkan kemajuan teknologi saat ini sangat mempengaruhi kehidupan para generasi muda, sehingga perlu ada filter yang kuat untuk menangkal dampak negatif.

“Apalagi kemajuan teknologi sekarang ini, sangatlah berpengaruh terhadap mental dan karakter anak,” ujarnya.

Ia menambahkan, keberadaan organisasi yang didukung Undang-Undang 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, mampu menyelenggarakan pendidikan kepanduan, termasuk di Minahasa Tenggara.

“Tentunya dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Djein Leonara Rende dalam pemaparannya menyatakan, pihaknya akan berupaya memajukan sifat kepanduan di Minahasa Tenggara.

“Tugas kami disini yakni membangkitkan kembali semangat kepanduan demi menciptakan karakter, mental dan akhlak generasi penerus kita,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan fokus mendukung program pemerintah khususnya bagi para siswa dalam pembentukan karakter kebangsaan, cinta terhadap tanah air. (Rusly)

Related posts

Leave a Comment