Wakil Bupati Minahasa Hadiri Pagelaran Adat Tulude di Desa Sawangan

Tondano – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si bersama Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina Lengkong menghadiri Pagelaran Upacara Adat Tulude masyarakat Desa Sawangan keturunan Nusa Utara di Desa Sawangan, Kec. Tombulu, Sabtu (23/2). Acara diawali penyambutan tamu dengan “Kue Tamo” yang merupakan hidangan utama dalam acara ini.

Sambutan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.SI menyampaikan makna dari Tulude yang menolak untuk terus bergantung pada masa lalu dan bersiap menyongsong hari depan.

“Setiap berkat maupun kegagalan di hari-hari sebelumnya adalah bagian dari rancangan Tuhan untuk memberi motivasi dan semangat dalam menyongsong hari depan yang penuh harapan,” ujar Wabup RD.

Wakil Bupati  Minahasa uga memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Sawangan yang terus menjaga kearifan lokal budaya Nusa Utara di Kabupaten Minahasa, lewat penyelenggaraan pagelaran upacara adat tulude yang adalah wujud ucapan syukur atas kasih Tuhan bagi masyarakat Nusa Utara di Desa Sawangan.

“Masyarakat Nusa Utara di Kabupaten Minahasa hadir untuk bergabung menyatu dalam memperkaya kebudaya tanah Minahasa, untuk itu kelangsungan perayaan ini harus terus dijaga dan dilestarikan. Tradisi tulude ini kiranya mempererat kerukunan umat beragama, suku dan budaya masyarakat di Kabupaten Minahasa,” ucap Wabup RD.

Dalam Upacara adat Tulude, yang menjadi puncak acara adalah Pemotongan Kue Tamo ( Tumpeng ). Kue adat tamo mengandung arti yang khusus yaitu lambang tuan pesta kepada tamu, raja seluruh santapan yang dihidangkan.

Turut hadir dalam acara  Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Rommy Leke, SE, M.Si, Plt. Kadis Perhubungan Ir. Hendrik Kaunang, Kabag Hukum Willem Nainggolan, SH, MM, Camat Tombulu Soni Saina, SH, Kumtua Sawangan Ibu. Like Kapoh. (Ronny Rantung).

Related posts

Leave a Comment