Mintalangi Ajak Warga Kawal Pembangunan di Desa Tumpaan Satu

Hansye Mintalangi SH

Amurang- Perjuangan Pemerintah Desa Tumpaan Satu Kecamatan Tumpaan patut di anjungi jempol. Pasalnya Dandes tahap 1 tahun 2019, dapat dicairkan, dan kali ini di prioritaskan untuk pembuatan jalan perkebunan yang saat ini sementara dalam pengerjaan.

Berkomitmen meningkatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat, meskipun paling sedikit menerima Dana Desa (Dandes) Tahun 2019 ini, namun salah satu desa paling maju di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terus saja berinovasi dan berkembang.

Plt Hukum Tua Desa Tumpaan Satu Hansye Mintalangi SH saat di temui oleh tim Liputan di tempat kediamannya mengatakan proyek jalan kebun yang di buat ini adalah objek yang sesuai dengan kebutuhan warga.

“Proyek ini adalah impian masyarakat, karena jalan ini adalah jalan sentra ekonomi warga karena banyak hasil bumi yang ada di ruas jalan perkebunan sangat membantu masyarakat di pesisir jalan ini,karena sudah mulai ada pemukiman yang memanfaatkan jalan tersebut,” ujar Mintalangi.

Ditambahkan,pihaknya telah menyusun Dana Desa (Dandes) Tahun 2019 sebesar Rp. 791.951.000,- yang nantinya difokuskan pada kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Anggaran dana desa telah kami susun sesuai dengan program kerja dan kebutuhan yang ada di Desa Tumpaan Satu, semuanya disusun agar masyarakat bisa menikmati hasil dari realisasi dana desa nantinya,” jelas Mintalangi.

Salah Satu Pembangunan di Desa Tumpaan Satu

Dengan adanya bantuan Dandes dari Pemerintah Pusat, Mintalangi berharap agar  masyarakat dapat membantu dalam mengawasi dan mengontrol jalannya pembangunan di Desa Tumpaan Satu.

“Seperti pada tahun tahun sebelumnya, Dandes direalisasikan agar bisa menyentuh langsung kepada peningkatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat di Desa Tumpaan Satu. Semuanya sesuai perencanaan yang matang, dan tentunya akan direalisasikan sesuai kebutuhan agar tidak menyalahi aturan serta hukum yang ada,” ujarnya.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado ini menambahkan, Desa Tumpaan Satu adalah desa paling sedikit menerima Dandes Tahun 2019, karena disesuaikan dengan data Indeks desa membangun.

“Desa Tumpaan Satu sesuai data Indeks Desa Membangun Tahun 2016 adalah Desa berkembang dan Tahun 2017 dan 2018 adalah Desa Maju. Desa maju di Kabupaten Minsel adalah Desa Tumpaan Satu Kecamatan Tumpaan dan Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur. (Kiki Liando)

Related posts

Leave a Comment